Studi Komparasi Hasil Belajar Kognitif IPS Menggunakan Model Pembelajaran Scramble dan Model Pembelajaran Mnemonik di Kelas IV MI Miftahul Huda Sukolilo

Ristanti, Shefani Melinda (2022) Studi Komparasi Hasil Belajar Kognitif IPS Menggunakan Model Pembelajaran Scramble dan Model Pembelajaran Mnemonik di Kelas IV MI Miftahul Huda Sukolilo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180111 SHEFANI MELINDA RISTANTI PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ristanti, Shefani Melinda. 2022. Studi Komparasi Hasil Belajar Kognitif IPS Menggunakan
Model Pembelajaran Scramble dan Model Pembelajaran Mnemonik di Kelas IV MI Miftahul Huda Sukolilo. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Anis Afifah, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Scramble, IPS
Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah mengikuti kegiatan belajar berdasarkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dan dinyatakan dalam bentuk angka yang diperoleh dari hasil tes setelah menjalani proses pembelajaran. Salah satu penyebab kurangnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS adalah kurangnya minat siswa dalam pelajaran IPS. Model pembelajaran scramble merupakan alternative pilihan model yang dapat digunakan guru dalam proses belajar mengajar, tidak hanya dapat membantu proses pembelajaran, model pembelajaran scramble juga membuat model pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran scramble dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional ceramah pada kelas IV MI Miftahul Huda Sukolilo Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian nonequivalent control group design, desain ini dalam pemilihan kelas tidak dilakukan secara random. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Miftahul Huda Sukolilo tahun pelajaran 2021/2011sebanyak 48 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel total yaitu kelas IVA berjumlah 24 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB berjumlah 24 siswa sebagai kelompok kontrol. Data tentang hasil belajar siswa dikumpulkan melalui metode tes obyektif bentuk pilihan ganda. Selanjutnya data analisis dengan menggunakan uji obyektif bentuk pilihan ganda.
Hasil penelitian data dianalisis 1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran scramble pada kelas eksperimen memiliki nilai lebih dari 90 sebesar 33%, siswa yang memeperoleh nilai antara 74-90 sebesar 55% dan siswa yang memeproleh nilai dibawah 74 sebesar 12%. 2) Pada kelas kontrol memperoleh nilai lebih dari 73 sebesar 25%, siswa yang memeperoleh nilai antara 55-73 sebesar 67% dan siswa yang memeproleh nilai dibawah 55 sebesar 8%. 3) Berdasarkan hasil perhitungan data hasil belajar kelas yang menggunakan model pembelajaran scramble dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran mnemonik pada mata pelajaran IPS terdapat perbedaan yang signifikan, dapat dilihat pada nilai signifikasi sebesar 0,000. Karena signifikasinya 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:12
Last Modified: 15 Jun 2022 07:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19013

Actions (login required)

View Item View Item