Efektivitas Metode Jarimatika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI Miftahul Huda Sukolilo Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun

Pramesti, Ardhia Niken (2022) Efektivitas Metode Jarimatika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI Miftahul Huda Sukolilo Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180144 ARDHIA NIKEN PRAMESTI PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pramesti, Ardhia Niken. 2022. Efektivitas Metode Jarimatika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI Miftahul Huda Sukolilo Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M. Si.
Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Metode Jarimatika.
Minat belajar merupakan suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. minat pada hakikatnya adalah penerimaan terhadap sesuatu karena adanya inisiatif. Dipengaruhi oleh faktor yaitu faktor intenal dan eksternal. Hal ini diduga penggunaan metode pembelajaran pada pelajaran matematika yang belum efektif, yang masih menerapkan pembelajaran terpusat pada guru. dan rendahnya hasil belajar siswa dan kurang pahamnya siswa terhadap materi perkalian. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode jarimatika terhadap minat dan hasil belajar pada pelajaran matematika kelas IV di MI Miftahul Huda Sukolilo Jiwan Madiun.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa antara menggunakan metode pembelajaran metode jarimatika (kelas ekperimen dan yang tidak menggunakan metode jarimatika (kelas kontrol) pada mata pelajaran matematika kelas IV MI Miftahul Huda Sukolilo (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan metode jarimatika dan yang tidak menggunakan metode jarimatika di kelas IV MI Mitahul Huda Sukolilo (3) untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa yang menggunakan metode jarimatika dan yang tidak menggunkan (kelas kontrol) kelas IV di MI Miftahul Huda Sukolilo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di MI Miftahul Huda Sukolilo Jiwan Madiun. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik Pengumpulan data melalui angket dan tes. Dengan desai quasi eksperimen jenis Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis dat yang diigunakan uji T dan MANOVA. Adapun populasi penelitian sebanyak 225 siswa dan sampel 48 siswa.
Hasil peneliti menunjukkan bahwa, (1) terdapat perbedan minat belajar siswa antara menggunakan metode jarimatika pembelajaran metode jarimatika (kelas kontrol) pada materi keliling dan luas bangun datar. Setelah diberi perlakuan pada kelas ekperimen minat belajar meningkat 81,46 sedangkan pada kelas control meningkat sebesar 75,17. (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan metode jarimatika pembelajran matematika (kelas kontrol) pada mata pelajran matematika keliling dan luas bangun datar. Setelah diberi perlakukan pada kelas eksperimen hasil belajar meningkat sebesar 58,75 sedangkan pada kelas kontrol 29,17. (3) terdapat perbedaan minat dan hasil belajar kelas yang menggunakan metode pembelajaran jarimatika (kelas ekperimen) dan (kelas kontrol) yang tidak menngunakan metode jarimatika pada mata pelajaran matematika kelas IV. Setelah diberi perlakukan minat dan hasil belajar sama-sama mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:11
Last Modified: 15 Jun 2022 07:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19012

Actions (login required)

View Item View Item