Suprihatin, Suprihatin (2022) Manajemen Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Madiun). Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
502200030_Suprihatin_MPI.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Suprihatin. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia berdampak pada sektor pendidikan membuat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menerapkan kebijakan belajar dan bekerja dari rumah. Menyikapi kebijakan tersebut maka MTsN 2 Madiun melakukan sosialisasi dan pelatihan E-Learning serta siap untuk mengadakan pembelajaran E-Learning sebagai solusi agar efektivitas pembelajaran siswa tetap berjalan aktif di masa pandemi covid-19.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajamen pembelajaran E-Learning di MTsN 2 Madiun serta implikasi nya terhadap efektivitas belajar siswa pada masa pandemi covid-19.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa manajemen pembelajaran E-Learning dilakukan melalui tiga tahap perencanaan (persiapan fasilitas, sarana prasarana, pelatihan dan sosialisai), pelaksanaan (absensi siswa, penjelasan materi, platform e-learning) dan evaluasi (presensi dan pengamatan kinerja peserta didik dalam ketepatan pengumpulan tugas). Manajemen pembelajaran E-Learning berimplikasi pada pengembangan pengetahuan peserta didik yang dapat langsung secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran dengan guru dimana saja tidak terbatas hanya di ruang kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Miftahul Huda |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 07:14 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 07:14 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19011 |
Actions (login required)
View Item |