KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA SISWA KELAS III DI MIN 6 PONOROGO

Kharisma, Nida Dwi (2022) KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA SISWA KELAS III DI MIN 6 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180084_NIDA DWI KHARISMA_PGMI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kharisma, Nida Dwi. 2022. Komparasi Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Siswa Kelas III di MIN 6 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Kurnia Hidayati, M.Pd.
Kata kunci: PMRI, hasil belajar matematika
Pembelajaran PMRI merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang berpusat pada siswa yang mengaitkan dengan dunia nyata siswa. Namun pada kenyatannya, guru lebih sering menggunakan pembelajaran konvensional. Kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran salah satunya dipengaruhi oleh pendekatan yang digunakan guru masih belum tepat dan menarik dan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis hasil belajar matematika siswa yang menggunakan penerapan PMRI, (2) menganalisis hasil belajar matematika siswa yang tidak menggunakan penerapan PMRI, (3) menganalisis perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara yang menggunakan dan tidak menggunakan penerapan PMRI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design, dengan menggunakan desain quasi eksperiment Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di MIN 6 Ponorogo sebanyak 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling total yaitu teknik pengambilan sampel di mana seluruh anggota populasi dijadikan sampel semua. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas III A sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas III B sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Analisis data hasil penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa kelas III di MIN 6 Ponorogo yang menggunakan penerapan PMRI memiliki rata-rata sebesar 82. (2) Hasil belajar matematika siswa kelas III di MIN 6 Ponorogo yang tidak menggunakan penerapan PMRI memiliki rata-rata sebesar 58,65. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan pada siswa kelas III di MIN 6 Ponorogo antara yang menggunakan dan tidak menggunakan penerapan PMRI. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikan 0.00 < 0.05 maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan PMRI lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang tidak diajar menggunakan PMRI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:05
Last Modified: 15 Jun 2022 07:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19007

Actions (login required)

View Item View Item