UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI KEGIATAN MUHADHARAH PADA SISWA DI MI MAMBA’UL HUDA AL-ISLAMIYAH NGABAR PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Rahayu, Puji (2022) UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI KEGIATAN MUHADHARAH PADA SISWA DI MI MAMBA’UL HUDA AL-ISLAMIYAH NGABAR PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180094 PUJI RAHAYU PGMI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rahayu, Puji. 2022. Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Muhadharah Pada Siswa Di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Zubaidi, Lc. M. Pd.
Kata Kunci: Upaya Guru, Nilai Karakter, Muhadharah
Dalam skripsi ini peneliti membahas tentang upaya guru dalam menanamkan karakter disiplin melalui kegiatan muhadharah pada siswa di MI Mamba’ul Huda Al-islamiyah Ngabar Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengembangkan nilai karakter disiplin pada siswa, hal ini dapat dilihat dari fenomena – fenomena yang terjadi di lingkungan lembaga pendidikan yang semakin jauh dari karakter mulia di era zaman sekarang. Sehingga guru mengupayakan program yang dapat mengembangkan karakter disiplin pada siswa agar menjadi siswa berkarakter dan berakhlakul karimah. Seperti kegiatan muhadharah di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo untuk menanamkan dan mengembangkan nilai karakter disiplin siswa.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan muhadharah di Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo, (2) untuk menjelaskan langkah – langkah guru dalam mengembangkan karakter disiplin melalui kegiatan muhadharah pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo, (3) untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan karakter disiplin melalui kegiatan muhadharah di Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data reduksi data, display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan
Hasil dari penelitian ini adalah (1) pelaksanaan program muhadharah dalam mengembangkan karakter disiplin mengacu pada tugas – tugas siswa baik serta mencari tema – tema pidato, (2) upaya dan langkah guru dalam mengembangkan karakter disiplin siswa mengacu pada sikap keteladanan yang harus diajarkan kepada siswa, seperti halnya berangkat sekolah tepat waktu dan berpakaian rapi saat sekolah, (3) dukungan yang diberikan pihak madrasah yaitu guru pembimbing, kerjasama orang tua dengan pihak madrasah, dan sarana prasarana. Adapun hambatan yang ada yaitu kurangnya minat siswa, tidak semangat, tidak memiliki bakat, kurangnya waktu pembelajaran dan lingkungan sekitar yang tidak mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Zubaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:03
Last Modified: 15 Jun 2022 07:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19000

Actions (login required)

View Item View Item