(UPLOAD SKRIPSI UTUH..BUKAN JURNAL)..Tinjauan U’rf terhadap tradisi siram jamas ruwat pada calon pengantin dalam perkawinan adat di Desa Jetis Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo.

Bahruddin, Muhammad (2022) (UPLOAD SKRIPSI UTUH..BUKAN JURNAL)..Tinjauan U’rf terhadap tradisi siram jamas ruwat pada calon pengantin dalam perkawinan adat di Desa Jetis Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD BAHRUDIN 210117004 (HKI).pdf

Download (857kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Bahruddin, Muhammad, 2022. Tijauan ‘Urf Terhadap Tradisi Siram Jamas Ruwat Pada Calon Pengantin dalam Perkawinan Adat di Desa Jetis Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Hukum Keluarga Islam Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Udin Safala, M.H.I

Kata Kunci: Pernikahan, ‘Urf, Adat, Siram Jamas Ruwat.

Setiap daerah dalam mengatur pernikahan tentunya ada perbedaan. Perbedaan itu tentunya dengan tujuan yang sama supaya menghindari kemafsadatan dan memperoleh kemaslahatan. Akan tetapi yang perlu digaris bawahi suatu perbuatan dalam rangka menghindari kemafsadatan dan memperoleh kemaslahatan itu tadi bertentangan pada hukum Islam atau tidak. Desa Jetis dalam mengatur pernikahan menekan pada ajaran dan adat nenek moyang terdahulu, yang mana setiap seorang laki-laki dan perempuan yang sudah saling berkecocokan hatinya dan pernikahannya apabila dilarang oleh adat atau bertentangan dengan adat maka tidak boleh dilakukan pernikahan tersebut, apabila tetap ingin melaksanakan maka diharuskan melaksanakan tradisinya yaitu siram jamas ruwat. Berlakunya peraturan tersebut dengan tujuan agar terhindar dari kesusahan yang diyakini akan menimpanya.
Dengan itu penulis mengambil rumusan masalah (1) bagaimana tinjauan ‘Urf terhadap praktik tradisi siram jamas ruwat pada calon pengantin dalam perkawinan adat di Desa Jetis kecamatan Jetis kabupaten Ponorogo dan yang (2) bagaimana tinjauan ‘Urf terhadap makna yang terkandung dalam pelaksanaan prosesi tradisi siram jamas ruwat pada pernikahan adat di Desa Jetis Kecamatan Jetis kabupaten Ponorogo.
Untuk memperoleh jawaban dari rumusan masalah tersebut. Penulis melakukan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara (interview), kemudian dilanjutkan dengan proses editing, diklasifikasikan kemudian dianalisa.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan menurut tinjauan ‘Urf terhadap praktik tradisi siram jamas ruwat dapat digolongkan sebagai ‘Urf Shahih hal ini karena melaksanakan praktik tradisi tersebut dengan dasar patuh pada tradisi di masyarakat dan patuh arahan dari pemandu adat dan melaksanakan karena menghindari fitnah dari masyarakat yang tetap meyakini bahwa semua bala’ ataupun manfaat dari Allah SWT. Menurut tinjauan ‘Urf terhadap makna yang terkandung dalam prosesi tradisi siram jamas ruwat dapat digolongkan sebagai ‘Urf Shahih hal ini karena makna yang terkandung dalam pelaksanaan prosesi tradisi siram jamas ruwat tersebut tidak ada yang melenceng dari tuntutan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Udin Safala
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:02
Last Modified: 15 Jun 2022 07:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18995

Actions (login required)

View Item View Item