Tinjauan 'urf dalam tradisi pernikahan adat jawa di desa gupolo kecamatan babadan kabupaten ponorogo

Latifah, Zuhrotul (2022) Tinjauan 'urf dalam tradisi pernikahan adat jawa di desa gupolo kecamatan babadan kabupaten ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
e thesis watermark.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Latifah,Zuhrotul. Salah satu yang menarik dari budaya Jawa adalah budaya perkawinannya karena yang memiliki susunan acara yang sangat detail prosesi-prosesinya. Beberapa kegiatan dalam prosesi perkawinan adat berpotensi bertentangan dengan syariat Islam sebab mengandung perilaku menyekutukan Allah dan mengotori kemurnian tauhid, misalnya pembuatan sesajen dan penghitungan weton sebelum menyelenggarakan resepsi pernikahan. Dua kegiatan ini masih banyak dilakukan khususnya di Desa Gupolo Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan `urf terhadap praktek sesajen dalam pernikahan adat Jawa di Desa Gupolo Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaiman tinjauan urf terhadap perhitungan weton dalam tradisi pernikahan adat Jawa di Desa Gupolo Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo?
Pendekatan penelitian ini ialah penelitian kualitatif, yakni penelitian yang diajukan untuk menguraikan serta menganalisis fenomena, kejadian, aktivitas masyarakat, sikap, keyakinan, anggapan, gagasan orang secara individu maupun komunal. Dimaknai juga sebagai pencarian makna, pemahaman, pemahaman, pemaknaan mengenai sebuah kejadian, peristiwa atau kehidupan manusia dengan terlibat langsung maupun tidak langsung dalam setting yang diteliti, kontekstual, serta menyeluruh.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Tradisi sesajen dalam pernikahan adat Jawa di Desa Gupolo Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo dilihat dari segi ruang lingkupnya termasuk dalam urf khas (khusus) dan dari segi diterima atau tidaknya termasuk dalam urf shahih, karena termasuk adat yang berulang-ulang dilakukan, tidak melanggar sopan santun, tidak bertentangan dengan syariat Islam, dan memenuhi beberapa syarat yang sudah ditentukan (2) Praktik perhitungan weton di Desa Gupolo Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo dilakukan oleh perjangga, dalam pandangan urf termasuk dalam urf shahih karena telah memenuhi syarat untuk dapat dikatakan sebagai urf yang dapat diterima. Syarat yang dimaksud ialah tidak bertentangan dengan syariat Islam, tidak menimbulkan kemafsadatan dan menghilangkan kemaslahatan, berlaku umum di kalangan kaum muslim, dan tidak berlaku dalam ibadah mahdhah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rif'ah Roihanah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:31
Last Modified: 15 Jun 2022 04:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18993

Actions (login required)

View Item View Item