Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning Pada Pelajaran PAI Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ 1 SMKN 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022

Muhtadillah, Nur Fathin (2022) Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning Pada Pelajaran PAI Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ 1 SMKN 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180401_NUR FATHIN MUHTADILLAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Muhtadillah, Nur Fathin. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning Pada Pelajaran PAI Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ 1 SMKN 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Fery Diantoro, M.Pd.I

Kata Kunci: Game based learning, PAI, Hasil belajar

Perkembangan teknologi dari zaman ke zaman semakin berkembang. Hal itu menyebabkan manusia tidak bisa terlepas dari benda kecil yang disebut dengan handphone, begitupun siswa di era modern seperti sekarang ini. Kondisi tersebut tidak dapat dibiarkan secara terus-menerus tanpa adanya pemecahan masalah, dengan adanya kondisi tersebut membuat hasil belajar siswa mengalami penurunan. Supaya siswa dapat lebih meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran PAI di dalam kelas, maka harus ada perubahan dalam model pembelajaran PAI. Salah satunya adalah model pembelajaran Game Based Learning. Model pembelajaran Game Based Learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan media handphone, dimana handphone adalah benda kecil yang sangat disukai dan digemari siswa, dengan begitu handphone akan menjadi media belajar bukan lagi menjadi media bermain siswa. Model pembelajaran Game Based Learning dapat membantu siswa lebih konsentrasi dalam pembelajaran PAI di dalam kelas karena model pembelajaran ini menggunakan media yang sangat digemari oleh siswa, dimana ketika anak menggemari sesuatu maka anak akan lebih konsentrasi dan fokus dalam hal yang digemari tersebut, sehingga hasil belajar pun akan meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model game based learning dalam meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas XI TKJ 1 SMKN 2 Ponorogo tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran yang ada di dalam kelas. Penelitian ini juga termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif, yang dilakukan di SMKN 2 Ponorogo. Subjek penelitian ini yaitu semua siswa kelas XI TKJ 1 yang berjumlah 29 orang siswa. Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi, angket, dan tes.
Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pembahasan yang telah dipaparkan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Game Based Learning hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas XI TKJ 1 SMKN 2 Ponorogo Tahun pelajaran 2021/2022 meningkat secara signifikan, sebagaimana dapat dilihat dari hasil tes prasiklus siswa mendapat nilai rata-rata 48,96 yang masuk ke dalam kategori sangat kurang. Kemudian, pada tes siklus I siswa mendapat nilai rata-rata 74,13 yang masuk ke dalam katagori bagus. Selanjutnya, pada tes siklus II siswa mendapat nilai rata-rata 93,79 yang masuk ke dalam katagori istimewa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:29
Last Modified: 15 Jun 2022 04:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18992

Actions (login required)

View Item View Item