Pengaruh Kepemimpinan dan Iklim Sekolah terhadap Sekolah Efektif di SMP Negeri Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022

Istiqomah, Ainul Nurhayati (2022) Pengaruh Kepemimpinan dan Iklim Sekolah terhadap Sekolah Efektif di SMP Negeri Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS-AINUL NURHAYATI-502200004.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Istiqomah, Ainul Nurhayati. 2022. Pengaruh Kepemimpinan dan Iklim Sekolah terhadap Sekolah Efektif di SMP Negeri Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Iklim Sekolah, Sekolah Efektif
Penerapan sekolah efektif dijadikan suatu ukuran untuk mengetahui seberapa jauh sekolah dapat mencapai tujuan yang sudah direncanakan. Berdasarkan observasi Peneliti penciptaan sekolah efektif di SMP Negeri Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022 belum sepenuhnya dilaksanakan. Hal tersebut ditunjukkan kurangnya pengawasan yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru dan peserta didik, peraturan sekolah yang masih sering dilanggar oleh tenaga pendidik dan peserta didik. Penerapan sekolah efektif dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya faktor kepemimpinan dan faktor iklim sekolah.
Tujuan penelitian untuk menganalisis: (1) pengaruh kepemimpinan terhadap sekolah efektif di SMP Negeri Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2021/2022, (2) pengaruh iklim sekolah terhadap sekolah efektif di SMP Negeri Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2021/2022, dan (3) pengaruh secara bersama-sama kepemimpinan dan iklim sekolah terhadap sekolah efektif di SMP Negeri Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Ex Post Facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Populasi penelitian berjumlah 71 orang guru. Teknik analisis data hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda yang perhitungannya dengan bantuan IBM SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan terhadap sekolah efektif dengan nilai thitung(7,360) > ttabel(1,995), berpengaruh sebesar 44%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan iklim sekolah terhadap sekolah efektif dengan nilai thitung(6,779) > ttabel(1,995), berpengaruh sebesar 40%; dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama kepemimpinan dan iklim sekolah terhadap sekolah efektif dengan nilai Fhitung(4,601) > Ftabel(2,74), berpengaruh sebesar 55% terhadap sekolah efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:28
Last Modified: 15 Jun 2022 04:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18990

Actions (login required)

View Item View Item