(FILE BELUM TERKIRIM)..PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA JUAL BELI TELUR AYAM RAS DI DESA JURUG SOOKO PONOROGO

Andrean, Nova Nur (2022) (FILE BELUM TERKIRIM)..PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA JUAL BELI TELUR AYAM RAS DI DESA JURUG SOOKO PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nova Nur Andrean. 2022. Analisis etika bisnis islam pada jual beli telur ayam ras di Desa jurug kec. Sooko kabupaten Ponorogo. Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Iza Hanifuddin, Ph. D.
Kata kunci: Etika Bisnis Islam, praktik jual beli dan penerapan harga.
Islam memandang kehidupan sebagai satu kesatuan yang utuh dan juga tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Dalam bidang ekonomi, Islam menempatkan kepentingan pribadi dan kepentingan umum sebagai tujuan dan menjadikan keadilan ekonomi, jaminan social dan kemanfaatan sumber daya ekonomi sebagai prinsip fundamental system ekonominya. Bisnis merupakan salah satu jenis usaha untuk meningkatkan kesejahteraan hidup.penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan Zaman yang ditandai dengan perkembangan ekonomi yang semakin pesat sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang semakin tinggi. Bisnis adalah pertukaran barang, jasa atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jual beli telur ayam ras di Desa Jurug Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di desa Jurug Kecamatan Sooko kabupaten Ponorogo dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian, setelah melakukan pengumpulan data dan analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Dalam praktik jual beli telur ayam ras di desa Jurug Kecamatan Sooko kabupaten Ponorogo telah menerapkan prinsip etika bisnis Islam yaitu kesatuan, kehendak bebas,tanggung jawab, dan ihsan, namun dalam prinsip keseimbngan, dan kebenaran pedagang telur ayam ras belum menerapkan etika bisnis islam karena masih ada penjual yang melakukan kecurangan. (2) Dalam jual beli telur ayam ras di desa Jurug Kecamatan Sooko kabupaten Ponorogo telah menerapkan etika bisnis Islam yaitu kesatuan, kehendak bebas, tangguung jawab, dan kebenaran, namun dalam hal keseimbangan, ihsan, dan kebenaran belum menerapkan etika bisnis Islam karena masih ada penjual yang melakukan penipuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:27
Last Modified: 15 Jun 2022 04:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18989

Actions (login required)

View Item View Item