Studi Komparasi: Akhlak Murid Terhadap Guru Dalam Kitab Ta’līm Al-Muta’allim Dan Kitab Taysīr Al-Khallāq

Wardati, Nafisah (2022) Studi Komparasi: Akhlak Murid Terhadap Guru Dalam Kitab Ta’līm Al-Muta’allim Dan Kitab Taysīr Al-Khallāq. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180082_NAFISAH WARDATI_PGMI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wardati, Nafisah. 2022. Studi Komparasi: Akhlak Murid Terhadap Guru Dalam Kitab Ta’līm Al-Muta’allim Dan Kitab Taysīr Al-Khallāq. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Kharisul Wathoni, M. Pd. I.
Kata Kunci: Akhlak, Murid, Guru, Ta’līm Al-Muta’allim, Taysīr Al-Khallāq.
Pendidikan merupakan wadah untuk mengembangkan potensi-potensi berbeda yang dimiliki setiap manusia. Namun semakin berkembangnya zaman kini, banyak sekali terlihat kasus-kasus yang mencoreng dunia pendidikan kaitannya dengan permasalahan akhlak. Sepertihalnya kurangnya sopan santun kepada guru bahkan sampai pelanggaran yang kini banyak dilakukan murid terhadap guru. Pendidikan akhlak penting ditanamkan sejak dini agar kelak dapat menjadi contoh untuk generasi selanjutnya. Selain itu, sarana untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Karena pentingnya pendidikan akhlak ini, peneliti tertarik untuk meneliti mengenai bagaima akhlak murid terhadap guru menurut kitab Ta’līm Al-Muta’allim dan kitab Taysīr Al-Khallāq. Kedua kitab ini digunakan karena Kedua kitab ini ada di masa yang berbeda.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui akhlak murid terhadap guru dalam kitab Ta’līm Al-Muta’allim karya Burhanuddin Az-Zarnuji, (2) mengetahui akhlak murid terhadap guru dalam kitab Taysīr Al-Khallāq karya Hafidz Hasan Al-Mas’udi, dan (3) mengetahui persamaan dan perbedaan akhlak murid terhadap guru dalam kitab kitab Ta’līm Al-Muta’allim karya Burhanuddin Az-Zarnuji dan kitab Taysīr Al-Khallāq karya Hafidz Hasan Al-Mas’udi.
Jenis penelitian ini adalah library research atau penelitian kajian pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa buku juga kitab Ta’līm Al-Muta’allim dan Kitab Taysīr Al-Khallāq. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi. Adapun analisis yang dilakukan menggunakan analisis isi (content analysis). Analisis dilakukan dari berbagai sumber yang diperoleh penulis sebagai acuan dalam pembuatan karya ilmiah ini.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) akhlak murid terhadap guru sebagaimana yang dimaksud dalam kitab Ta’līm Al-Muta’allim dan kitab Taysīr Al-Khallāq adalah pentingnya berakhlak yang baik dan menghormati gurunya baik ketika didalam maupun diluar kegiatan pembelajaran. (2) persamaan antara kitab Ta’līm Al-Muta’allim dan kitab Taysīr Al-Khallāq yaitu kedua-duanya menyebutkan berbagai sikap sebagai bentuk penanaman akhlak yang baik antara murid terhadap gurunya membahas mengenai pentingnya menghormati guru dan sikap-sikap yang semestinya ditunjukkan murid terhadap guru sebagai bukti rasa hormatnya kepada sang guru. (3) perbedaan yang terdapat dalam kitab Ta’līm Al-Muta’allim dan kitab Taysīr Al-Khallāq yaitu dalam kitab Ta’līm Al-Muta’allim mayoritas diawali dengan kata-kata yang menunjukkan sikap-sikap yang dilarang. Sedangkan dalam kitab Taysīr Al-Khallāq tidak serta merta melarang, melainkan diawali dengan penjelasan mengapa sikap yang baik terhadap guru sangat penting. Seperti contoh menjelaskan kedudukan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:34
Last Modified: 15 Jun 2022 03:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18981

Actions (login required)

View Item View Item