TINJAUAN FIKIH MUNAKAHAT TERHADAP UPAYA MEMPERTAHAHANKAN KEUTUHAN RUMAH TANGGA PASANGAN NIKAH MUDA (Studi Kasus di Desa Petungsinarang Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan)

Aminudin, Muhamad (2022) TINJAUAN FIKIH MUNAKAHAT TERHADAP UPAYA MEMPERTAHAHANKAN KEUTUHAN RUMAH TANGGA PASANGAN NIKAH MUDA (Studi Kasus di Desa Petungsinarang Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
a5 skripsi Muhamad Aminudin_watermark (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aminudin, Muhamad, 2022. Tinjauan Fikih Munakahat Terhadap Upaya Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga Pasangan Nikah Muda (Studi Kasus di Desa Petungsinarang Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Abid Rohmanu, M.H.I.

Kata Kunci/Keyword: Nikah Muda, Keutuhan Rumah Tangga

Perkawinan adalah suatu ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan ketuhanan yang maha Esa. Oleh karena itu pengertian perkawinan dalam konsep Islam mempunyai nilai ibadah, sehingga yang tertera pada pasal 2 Kompilasi Hukum Islam menegaskan bahwa perkawinan adalah suatu akad yang kuat untuk mentaati perintah Allah dan melaksanakannya merupakan suatu hal ibadah. Tujuan nikah pada umumnya bergantung pada masing-masing individu yang akan melakukannya, karena lebih bersifat subjektif. Namun demikian, ada juga tujuan umum yang memang diinginkan oleh semua orang yang melakukan pernikahan, yaitu untuk memperoleh kebahagiaan dan kesejahteraan lahir batin dunia dan akhirat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana dampak nikah muda terhadap keutuhan rumah tangga di desa Petungsinarang? Bagaimana tinjauan fikih munakahat terhadap upaya pasangan nikah muda dalam mempertahankan keutuhan rumah tangga di desa Petungsinarang?
Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, skripsi ini akan menggambarkan beberapa data yang diperoleh dari lapangan, baik dengan wawancara, observasi, maupun dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Kemudian dilanjutkan dengan proses reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dengan metode analisis data. Selain itu, proses analisa tersebut juga didukung dengan kajian pustaka sebagai referensi untuk memperkuat data yang diperoleh dari lapangan. Sehingga dengan proses semacam itu, dapat diperoleh kesimpulan sebagai jawaban atas dua pertanyaan diatas.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dampak pernikahan muda ternyata sangat berpengaruh pada keutuhan rumah tangga dan kesejahteraan keluarga yaitu kurangnya kemandirian, menambah beban orang tua, dan juga kasus perceraian. Tentu saja hal tersebut berpengaruh pada kualitas keluarga yang dihasilkan karena ketidaksiapan fisik dan psikis dalam menghadapi persoalan-persoalan sosial. Adapun upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga keutuhan rumah pasangan nikah muda antara lain dengan adanya saling pengertian antara suami dan istri, saling menerima kenyataan, saling melakukan penyesuaian diri, memupuk rasa cinta, melaksanakan asas musyawarah, dan saling memaafkan. Upaya-upaya tersebut tentu saja kurang berhasil apabila anggota keluarga tidak mendekatkan diri kepada Allah SWT, karena pada hakikatnya Allah sang pemilik kebahagiaan yang abadi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:36
Last Modified: 15 Jun 2022 03:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18980

Actions (login required)

View Item View Item