Peran Kiai dalam meningkatkan kualitas santri melalui pendidikan di perguruan tinggi

Ichsan, Subarkah (2022) Peran Kiai dalam meningkatkan kualitas santri melalui pendidikan di perguruan tinggi. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Tesis Peran Kyai fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Indonesa dikenal sebagai masyarakat dengan komunitas muslim terbesar di dunia. Dengan pesatnya perkembangan global saat ini, Lembaga Pendidikan islam di Indonesia dalam hal ini pesantren dituntut agar dapat menjawab setiap tantangan dari perkembangan global. Disisi lain, santri sebagai lulusan dari pesantren mengalami banyak kendala dalam menghadapi kemajuan teknologi dan perkembangan global. Banyaknya lulusan pesantren belum sepenuhnya terserap kedalam lapangan pekerjaan di bidang teknologi dan industry saat ini. Maka dari itu perlu adanya peningkatan kualitas santri untuk menjawab tuntutan perkembangan teknologi dan persaingan Global saat ini. Salah satu cara meningkatkan kualitas santri adalah dengan melanjutkan Pendidikan formalnya hingga ke Perguruan Tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya santri untuk melanjutkan pendidikan formalnya hingga ke Perguruan Tinggi. Menjelaskan bagaimana Pesantren meningkatkan kualitas santri dengan melanjutkan Pendidikan formalnya hingga ke Perguruan Tinggi. Mengungkapkan bagaimana Kyai sebagai pemimpin memotivasi santrinya untuk menyelesaikan pendidikannya di Perguruan Tinggi di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al-Karimah Madiun dan Pondok Pesantren Al-Mafaza Magetan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitiannya yaitu studi kasus. Penelitian ini mengambil di dua lokasi yaitu di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al-Karimah Madiun dan Pondok Pesantren Al-Mafaza Magetan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Al-Karimah Madiun dan Pondok Pesantren Al-Mafaza magetan santri senantiasa diberikan motivasi dan pandangan tentang pentingnya pendidikan. (2) untuk meningkatkan kualitas santri baik di ini memiliki berbagai macam program diantaranya : tahfidz qur’an, penguasaan kitab klasik, pendidikan formal, seni hadroh, budaya organisasi dan pengembangan ekonomi produktif. Figure Ibu Nyai Dwi Walidatus Syarifah, M.Pd.I yang sangat sederhana namun dapat memberikan motivasi bagi para santrinya untuk terus berkembang terutama dalam bidang pendidikan. Sedangkan Kyai Manshur Abdullah, M.Pd.I dengan jiwa kepemimpinannya mampu membukakan wawasan dan keberanian santri untuk melanjutkan pendidikannya hingga ke Pergururan Tinggi. (3) selain itu, Ibu Nyai Dwi Walidatus Syarifah, M.Pd.I dan Kyai Manshur Abdullah, M.Pd.I memiliki peranan yang sangat penting sebagai : koordinator, perencana, pembuat keputusan, tenaga ahli, pemberi imbalan dan sanksi, mediator, symbol, pemimpin, pengasuh, pendidik, penggerak kesejahteraan ekonomi, pembina, teladan, agen perubahan, fasilitator, penasihat, dan penulis.

kata kunci : peran, kualitas, pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 02:23
Last Modified: 15 Jun 2022 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18976

Actions (login required)

View Item View Item