Strategi Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Madrasah Unggul (Studi Kasus di MTs Negeri 2 Ponorogo)

Kusuma, Intan Widya (2022) Strategi Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Madrasah Unggul (Studi Kasus di MTs Negeri 2 Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502200014_INTAN WIDYA KUSUMA_MPI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Merancang kebijakan madrasah yang unggul, berarti pimpinan sekolah fokus pada peningkatan kualitas lulusan, yang diawali dengan memperbaiki mutu dari madrasah itu sendiri. Peningkatan mutu madrasah diartikan sebagai proses manajemen madrasah yang diarahkan pada peningkatan mutu lulusan, secara otonomi direncanakan, diorganisasikan, dilaksanakan, dan dievaluasi melibatkan semua stakeholder sekolah. Melalui perencanaan strategis yang dilakukan oleh kepala sekolah, diharapkan kualitas pencapaian hasil dalam tes kemampuan akademik maupun kemampuan lainnya dapat lebih baik, sehingga senantiasa mampu bersaing secara global dalam dunia pendidikan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menjelaskan proses dan elemen strategi yang diterapkan kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah unggul; 2) Untuk mengidentifikasi konsep keunggulan strategi bersaing yang ada di MTs N 2 Ponorogo; 3) Untuk mengkritisi implikasi dari penerapan strategi kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah unggul terhadap daya saing madrasah?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskripsi analisis, adapun desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus yang terkait dengan strategi kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah unggul di MTs N 2 Ponorogo. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa langkah sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana yaitu: kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1) Proses strategi dalam mewujudkan madrasah unggul di MTs N 2 Ponorogo dilakukan melalui tahap-tahap: a) Perencanaan strategis; b) implementasi (pelaksanaan strategi); dan c) Evaluasi program dan kebijakan. 2) Sebagai madrasah unggul, MTs N 2 Ponorogo didesain sedemikian rupa, berdasarkan ukuran-ukuran berikut: a) Input yang diseleksi, b) Proses pembelajaran; dan c) Output pendidikan. 3) Implikasi strategi kepala madrasah terhadap daya saing madrasah dilihat dari: a) Pencapaian skor akreditasi lembaga dengan predikat A; b) Perbaikan kualitas sikap siswa melalui kegiatan ma’had dan pembiasaan perilaku baik sehari-hari; c) Meningkatnya prestasi siswa, secara akademik maupun non akademik, selain itu kualitas lulusannya dapat diperhitungkan; d) Pengadaan program unggulan; dan e) Memanfaatkan hubungan dengan alumni dalam kegiatan promosi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Siti Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 02:19
Last Modified: 15 Jun 2022 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18971

Actions (login required)

View Item View Item