..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Penerapan Pilar Green Economy Dalam Pengembangan Agrowisata Di Desa Ngringinrejo Bojonegoro

Pujiati, Dwik (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Penerapan Pilar Green Economy Dalam Pengembangan Agrowisata Di Desa Ngringinrejo Bojonegoro. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
pdf new Tesis Not Fulltext.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keresahan masyarakat
Desa Ngringinrejo, yang terletak di bantaran sungai Bengawan Solo karena sering mengalami gagal panen saat musim penghujan. Bencana alam yang terjadi merupakan salah satu dampak dari kegiatan ekonomi yang tidak bertanggung jawab. Misalnya penambang pasir illegal, penebangan liar di berbagai hutan, membuang limbah industri ke sungai dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis proses penerapan tiga pilar green economy, yaitu pilar ekonomi, sosial dan ekosistem (lingkungan) pada Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa agrowisata kebun belimbing Ngringinrejo memiliki dampak terhadap peningkatan ekonomi, sosial, dan ekosistem. Berdasarkan pilar ekonomi, terjadi peningkatan penghasilan masyarakat yang tergabung dalam kelompok dasar wisata ini, peningkatan terjadi karena setiap hari akan ada pengunjung yang datang dan selalu membeli buah belimbing untuk oleholeh. Dari segi sosial, agrowisata ini telah melibatkan banyak stakeholder yang berpengaruh terhadahap banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan. Bahkan warga yang tidak memiliki lahan bisa menyewa untuk berjualan buah belimbing atau produk lain. Sedangkan dari segi ekosistem, pohon belimbing memiliki daya serap air yang cukup banyak, memiliki usia ratarata sekitar 20 tahun dan berbuah sepanjang tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 02:15
Last Modified: 15 Jun 2022 02:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18968

Actions (login required)

View Item View Item