Analisis Maslahah Pada Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Pt. Pln (Persero) Ulp Dolopo

Widianarta, Wahyu (2022) Analisis Maslahah Pada Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Pt. Pln (Persero) Ulp Dolopo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210715104_Wahyu Widianarta_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Widianarta, Wahyu. Analisis Maslahah pada Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT PLN (Persero) ULP Dolopo. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Iza Hanifuddin, Ph.D
Kata Kunci: Maslahah, Penerapan K3, PT PLN (Persero) ULP Dolopo Madiun.

Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) sebagai akibat penggunaan teknologi pasti ada. Penyebab kecelakaan kerja terbesar adalah faktor manusia, yaitu kurangnya kesadaran pengusaha dan tenaga kerja sendiri terutama dalam melaksanakan berbagai peraturan perundang-undangan untuk melindungi sumber daya manusianya. Hal ini dimaksudkan agar sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan mampu memberikan kontribusi yang optimal dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis penerapan maslahah keselamatan dan kesehatan kerja karyawan yang telah diterapkan pada PT PLN (Persero) ULP Dolopo Madiun. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, kajian pustaka dan wawancara dengan sumber karyawan terkait.
Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan PT PLN (Persero) ULP Dolopo secara umum baik. Adanya himbauan, perhatian maupun pengawasan dari pihak perusahaan terhadap karyawan. Adapun dari segi maslahah juga diperhatikan. Hanya saja terkait pelaksanaan adapula beberapa karyawan tidak memperdulikan. Sehingga tercapainya penerapan kesehatan dan keselamatan kerja secara maslahah tidak hanya dari usaha perusahaan. Namun demikian juga perlu adanya kerjasama antar karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 02:13
Last Modified: 15 Jun 2022 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18967

Actions (login required)

View Item View Item