Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Melalui Program Tahfiz Al-Qur'an Metode Ummi (Studi Kasus di MA YPIP Panjeng)

Al Farichi, Muhammad Dzia'ul Haq (2022) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Melalui Program Tahfiz Al-Qur'an Metode Ummi (Studi Kasus di MA YPIP Panjeng). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180373_MOH. DZIA'UL HAQ AL FARICHI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Farichi, Moh. Dzia’ul Haq Al, 2022, Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Melalui Program Tahfiz Al-Qur’an Metode Ummi (Studi Kasus di MA YPIP Panjeng). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tabiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Bapak Arif Wibowo, M.Pd.I

Kata Kunci: Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan, Tahfiz Al-Qur’an, Metode Ummi

Strategi pemasaran jasa pendidikan merupakan salah satu komponen penting yang ada dalam dunia pendidikan. Keberadaan dan kualitas strategi pemasaran jasa pendidikan di suatu lembaga dapat mempengaruhi keberlangsungan hidup dari lembaga itu sendiri. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya strategi pemasaran jasa pendidikan melalui program Tahfiz Al-Qur’an metode Ummi yang diterapkan di MA YPIP Panjeng dalam rangka untuk meningkatkan nilai jual madrasah. Selain itu, dengan adanya strategi pemasaran jasa pendidikan melalui program Tahfiz Al-Qur’an metode Ummi ini merupakan program baru yang diterapkan di madrasah tersebut. Bagaimana implementasinya dan bagaimana faktor pendukung serta faktor penghambat implementasi dari program tersebut di MA YPIP Panjeng. Dengan dasar itulah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang strategi pemasaran jasa pendidikan melalui program Tahfiz Al-Qur’an metode Ummi ini.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang (1) implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan di MA YPIP Panjeng dalam meningkatkan nilai jual madrasah melalui program Tahfiz Al-Qur’an metode Ummi, (2) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pemasaran jasa pendidikan di MA YPIP Panjeng melalui program Tahfiz Al-Qur’an metode Ummi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif, dimana pengambilan datanya diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Yang nantinya data tersebut akan dilakukan analisis dengan menggunakan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dalam menjawab rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan melalui program Tahfiz Al-Qur’an metode Ummi untuk meningkatkan nilai jual madrasah, MA YPIP Panjeng menggunakan dan menggabungkan tujuh unsur bauran pemasaran yang dikenal dengan istilah 7P, yaitu berupa program Tahfiz sebagai produk yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau, didukung dengan lokasi sekolah yang bisa diakses dengan mudah. Promosi yang dilakukan lembaga dikemas secara menarik dengan sumber daya manusia yang berkompeten dibidangnya. Terdapat pula bukti fisik berupa sarana dan prasarana yang mendukung serta didasari dengan proses yang baik dan terstruktur dalam pemasaran jasa pendidikannya. (2) Adanya faktor pendukung dan penghambat dari implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan melalui program Tahfiz Al-Qur’an metode Ummi. Adapun faktor yang mendukung strategi pemasaran jasa pendidikan melalui program Tahfiz Al-Qur’an metode Ummi ini adalah banyaknya tenaga pendidik atau guru Al-Qur’an, banyaknya tenaga muda yang berkontribusi di madrasah, adanya lulusan yang siap mengajar Al-Qur’an, lokasi madrasah yang strategis, harga yang ditawarkan oleh madrasah relatif murah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu, kurang adanya kepercayaan dari masyarakat, terhalang oleh kemampuan dan mood peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:45
Last Modified: 14 Jun 2022 07:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18949

Actions (login required)

View Item View Item