Komparasi Hasil Belajar IPA Dintinjau dari Penerapan Metode Group Investigation pada Siswa Kelas V SDIT Qurrota A'yun Ponorogo Tahun Ajaran 2021-2022

Ostiqomah, Nurul (2022) Komparasi Hasil Belajar IPA Dintinjau dari Penerapan Metode Group Investigation pada Siswa Kelas V SDIT Qurrota A'yun Ponorogo Tahun Ajaran 2021-2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180091_NURUL OSTIQOMAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ostiqomah, Nurul. 2022. Komparasi Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Penerapan Metode Group
Investigation pada Siswa Kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo Tahun Ajaran 2021-2022.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Retno
Widyaningrum, M. Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Group Investigation, IPA
Metode pembelajaran merupakan satu kesatuan dalam sebuah proses pembelajaran. Adanya
metode pembelajaran ini menciptakan suatu suasana baru dalam kelas dan menunjang ketercapaian
tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Rendahnya pencapaian hasil belajar siswa dapat
dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satu faktor yang didugaikut berkontribusi yang
menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V
SDIT Qurrota A’yun Ponorogo adalah kurang tepatnya penerapan metode pembelajaran pada mata
pelajaran IPA.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan hasil belajar IPA siswa kelas V SDIT
Qurrota A’yun Ponorogo dengan menggunakan metode Group Investigation; (2) Menjelaskan
hasil belajar IPA siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo tanpa menggunakan metode Group
Investigation; (3) Menjelaskan perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun
Ponorogo yang signifikan antara dengan dan tanpa menggunakan metode Group Investigation.
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian
quasi experimental design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas V SDIT Qurrota A’yun
Ponorogo, dengan jumlah 60 siswa, yaitu 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas
kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tulis.
Berdasrkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa:
(1) Hasil belajar IPA siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo dengan menggunakan metode
Group Investigation memiliki rata-rata sebesar 80,5. (2) Hasil belajar IPA siswa kelas V SDIT
Qurrota A’yun Ponorogo tanpa menggunakan metode Group Investigation (Ceramah) memiliki
rata-rata 61,2. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa kelas V SDIT
Qurrota A’yun Ponorogo antara menggunakan metode Group Investigation dan tanpa
menggunakan metode Group Investigation (Ceramah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Retno Widyaningrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:23
Last Modified: 14 Jun 2022 07:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18948

Actions (login required)

View Item View Item