Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Diniyah Al-Muhyiddin Pulung Ponorogo

Munawaroh, Wakhidatul (2022) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Diniyah Al-Muhyiddin Pulung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
206180065_WAKHIDATUL_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Munawaroh, Wakhidatul. 2022. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Diniyah Al-Muhyiddin Pulung. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Umar Sidiq, M.Ag.
Kata kunci: kepala madrasah, profesionalitas guru, madrasah diniyah Al-Muhyidin
Peran utama kepala madrasah adalah sebagai pemimpin untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif. Dalam melaksanakan peran tersebut, kepala madrasah memiliki tanggung jawab ganda yaitu melakukan administrasi sekolah sehingga tercipta situasi belajar mengajar yang baik, dan melaksanakan pengawasan terhadap guru, sehingga guru lebih profesional dalam menjalankan tugas-tugas pengajaran dan membimbing pertumbuhan peserta didiknya. Hal ini dilatar belakangi untuk meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran Al-Qur’an karena, Al-Qur’an merupakan sumber hukum dan aturan yang utama bagi umat Islam. Karena masih banyak guru yang tidak mau mengembangkan diri untuk menambah pengetahuan dan kompetensinya dalam mengajar, maka perlu adanya pengembangan profesionalisme guru. Pengembangan profesionalisme guru madrasah yaitu sebagai upaya untuk perbaikan sumber daya manusia. Profesionalisme guru merupakan tingkat atau derajat kemampuan yang dimiliki guru dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga pengajar.
Tujuan dari penelitian ini yaitu, peneliti ingin mengetahui dan menganalisis: (1) bagaimana cara atau model kepemimpinan kepala madrasah untuk meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Diniyah Al-Muhyiddin Pulung Ponorogo, (2) gaya yang digunakan dalam kepemimpinan di Madrasah Diniyah Al-Muhyiddin Pulung Ponorogo.
Model penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu menggunakan model penelitian kualitatif deskriptif yang mana hal ini bertujuan untuk mendeskripsikan suatu objek atau fenomena yang akan dituangkan dalam tulisan yang bersifat naratif. Penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena penulis ingin mendeskripsikan hasil penelitian dengan menggunakan kata-kata tertulis dan mendeskripsikan hasil observasi dan wawancara dari objek penelitian. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil yang telah didapat dari penelitian ini yaitu, (1) dalam kepemimpinan Madrasah Diniyah Al-Muhyiddin, kepala madrasah menggunakan strategi kepemimpinan mendengar, memotivasi, dan mengarahkan guru untuk mengembangkan profesionalisme guru di madrasah. (2) kepemimpinan Madrasah Diniyah Al-Muhyiddin menggunakan gaya atau model kepemimpinan demokratis dengan mengadakan musyawarah bersama ketika mengambil suatu keputusan. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan guru dalam memberikan pembelajaran terhadap peserta didik. Juga dapat dilihat dari pengelolaan administrasi madrasah yang semakin berkembang dan berusaha untuk menyempurnakan sarana dan prasarana madrasah untuk menunjang keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah Diniyah Al-Muhyiddin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:22
Last Modified: 14 Jun 2022 07:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18942

Actions (login required)

View Item View Item