Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembatalan Transaksi Dan Penayangan Iklan Pada Aplikasi Shopee

Pratama, Ilham Edi (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembatalan Transaksi Dan Penayangan Iklan Pada Aplikasi Shopee. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ILHAM EDI PRATAMA-210215172-E-THESIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pratama,Ilham Edi. Kepuasan konsumen sudah sepantasnya didapatkan oleh konsumen itu sendiri tidak terkecuali transaksi pada jual beli online e- commerce Shopee. Dalam perspektif hukum positif dan hukum Islam harus dapat memberikan maksud dan paparan fitur yang berguna dan tidak menyalahi aturan yang ada, mengingat Indonesia adalah negara dengan mayoritas beragama Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui (1)tinjauan hukum Islam terhadap pembatalan transaksi pada aplikasi Shopee. (2)Tinjauan hukum Islam terhadap penayangan iklan promo pada aplikasi Shopee.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Selain itu juga menggunakan cara yang deskriptif dengan menyajikan data primer dan sekunder. Data yang diperoleh dari syarat dan ketentuan Shopee yang dianalisa menggunakan kompilasi hukum Islam
Dari analisis yang terjadi dapat disimpulkan secara garis besar bahwa pembatalan transaksi oleh aplikasi Shopee dari pandangan hukum Islam dapat dikatakan sah apabila tidak melanggar ketentuan syari’at Agama dan Adanya kesepakatan perjanjian diantara dua belah pihak (penjual dan pembeli) jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan antara sepakat (Alimdha’) atau pembatalan (Fasakh). Sedangkan dalam periklanan promo Shopee sendiri memiliki keunggulan memberikan kemudahan kepada penjual agar dapat dengan mudah mengiklankan produknya, namun kelemahan Shopee terletak pada penyaringan penjual yang kurang baik dengan menginformasikan produknya dengan tidak sesuai barang aslinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Ilham Tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:21
Last Modified: 14 Jun 2022 07:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18941

Actions (login required)

View Item View Item