Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Pendidik (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Ponorogo)

Mutoharoh, Lailatul (2022) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Pendidik (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
206180107_Lailatul_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mutoharoh, Lailatul. 2022. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Pendidik (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Ponorogo). Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Umar Sidiq, M.Ag.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Profesionalisme Tenaga Pendidik, SMPN 1 Ponorogo.
Dalam lembaga pendidikan tentunya dibutuhkan seorang tenaga pendidik yang professional, yang selalu memiliki energi untuk siswanya, memiliki tujuan jelas untuk pelajaran, memiliki keterampilan kedisiplinan yang efektif, memiliki manajemen kelas yang baik, memiliki pengetahuan mengenai kurikulum, dan menguasai subjek yang diajarkan. Namun belum semua tenaga pendidik memiliki jika keprofesionalan, setidaknya dapat diduga adanya penyebab rendahnya kompetensi tenaga pendidik. (1) ketidaksesuaian disiplin ilmu dengan bidang ajar. Masih banyak guru di sekolah yang mengajar mata pelajaran yang bukan bidang studi yang dipelajarinya. Hal ini terjadi karena persoalan kurangnya guru pada bidang studi tertentu. (2) kualifikasi guru yang belum setara sarjana. Konsekuensinya, standar keilmuan yang dimiliki guru menjadi tidak memadai untuk mengajarkan bidang studi yang menjadi tugasnya. Bahkan tidak sedikit guru yang sarjana, namun tidak berlatar belakang sarjana pendidikan sehingga bermasalah dalam aspek pedagogik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik di SMP Negeri 1 Ponorogo, (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik di SMP Negeri 1 Ponorogo, dan (3) hasil kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik di SMP Negeri 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan model pendekatan studi kasus, serta teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara penelitian ini yaitu kepala sekolah dan tenaga pendidik. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil dari penelitian kepemimpinan kepala sekolah SMP Negeri 1 Ponorogo menggunakan strategi kepemimpinan profetik yaitu meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw seperti (1) sidiq, (2) amanah, (3) tabligh, (4) fathonah, dan juga dengan mengadakan (1) pelatihan-pelatihan, (2) workshop, (3) seminar. Selain itu kepala sekolah SMPN 1 Ponorogo menerapkan gaya kepemimpinan demokratis ketika menentukan suatu keputusan maka diputuskan secara bermusyawarah. Dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik sudah dikatakan berhasil karena kepala sekolah SMP Negeri 1 Ponorogo mampu menjadikan tenaga pendidik yang professional dengan bukti bahwa tenaga pendidik SMP Negeri 1 Ponorogo dapat menjalankan perannya sebagai pendidik dengan baik, mampu mengajar dan memberikan contoh yang baik dengan menunjukkan sikap yang ramah, murah senyum, dan mampu menjadikan peserta didiknya memiliki banyak prestasi dan juara di tingkat kabupaten dan provinsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:00
Last Modified: 14 Jun 2022 07:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18938

Actions (login required)

View Item View Item