Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Sikap Tawadhu Siswa Di MTs Al-Akbar Senepo Slahung Ponorogo

Falela, Aisah Zihan (2022) Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Sikap Tawadhu Siswa Di MTs Al-Akbar Senepo Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AISAH_ZIHAN_FALELA_E-THESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Falela, Aisah Zihan. 2022. Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Sikap Tawadhu Siswa di MTs Al-Akbar Senepo Slahung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Mambaul Ngadhimah, M.Ag.
Kata Kunci: Implikasi Penanaman Sikap Tawadhu, Strategi Guru, Siswa
Tawadhu merupakan perilaku yang selalu menghargai keberadaan orang lain, perilaku yang suka memuliakan orang lain, perilaku yang selalu mendahulukan kepentingan orang lain, dan perilaku yang selalu menghargai pendapat orang lain. Di MTs Al-Akbar ada siswa yang memiliki sikap menyimpang dikelas diantaranya datang terlambat, tidak menghargai guru dan menganggu temannya dikelas. Sehingga guru akidah akhlak mencari strategi pendidikan yang berpengaruh dalam pembentukan akhlak pada diri peserta didik dan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di MTs Al-Akbar Senepo Slahung, (2) mendeskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan sikap tawadhu siswa di MTs Al-Akbar Senepo Slahung, (3) mendeskripsikan implikasi penanaman sikap tawadhu siswa di MTs Al-Akbar Senepo Slahung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik yang dikembangkan oleh Miles dan Hubermen, dengan alur tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan penelitian di MTs Al-Akbar: (1) Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak meliputi: (a) Absensi guru menyebutkan nama, sementara siswa mendengarkan dan mengangkat tangan. (b) Metode ceramah ketika guru menerangkan pentingnya tawadhu, guru akan menjelaskan dampak dari penanaman sikap tawadhu, tanya jawab pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa, teutama guru kepada siswa tetapi bisa juga siswa ke guru. c) Media: audio visual tentang tokoh keteladanan sikap tawadhu supaya menimbulkan empati kepada siswa sehingga lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran. (d) Evaluasi melalui pengamatan sikap siswa. (2). Strategi yang digunakan: (a) Keteladanan guru berpenampilan rapi, berbicara dengan tutur kata yang baik dalam kegiatan pembelajaran, menghargai pendapat siswa (b) Pembiasaan masuk kelas tepat waktu untuk menghargai guru, membaca Al-Quran supaya hati dan fikiran tenang, meminta izin ketika keluar kelas dan mengembalikan barang milik temannya. (c) Nasehat selalu melaksanakan sholat tepat waktu sebagai bentuk habluminallah dan habluminannas karena menaati peraturan yang dibuat guru. (3) Implikasinya meliputi: (a) Ketawadhuaan siswa terhadap gurunya: menghormati guru, berpenampilan rapi dan sopan, memperhatikan penjelasan guru, meminta izin kepada guru, mengerjakan tugas; (b) Ketawadhuaan siswa dengan temannya: menghargai pendapat teman, tidak berbohong terhadap teman, toleransi terhadap sesama, tidak mengambil barang milik teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:11
Last Modified: 14 Jun 2022 07:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18933

Actions (login required)

View Item View Item