Nilai-nilai dan Representasi Pendidikan Karakter dalam Film Disney Moana Produksi Walt Disney Pictures

Farida, Fuadatul (2022) Nilai-nilai dan Representasi Pendidikan Karakter dalam Film Disney Moana Produksi Walt Disney Pictures. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_203180176_FUADATUL FARIDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Farida, Fuadatul. 2022. Nilai-Nilai dan Representasi Pendidikan Karakter dalam Film Disney Moana Produksi Walt Disney Pictures. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.

Kata Kunci : Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Film Disney Moana Produksi Walt Disney Pictures, Representasi Karakter Tanggung Jawab, Kerja Keras dan Peduli Sosial.
Pentingnya penanaman pendidikan karakter pada diri seseorang dapat memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter tertentu. Sebab, karakter dapat dimaknai sebagai cara berpikir dan berperilaku pada tiap individu. Nilai pendidikan karakter pada tiap individu bisa didapatkan melalui sebuah instansi pendidikan, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, buku dan karya sastra lainnya. Salah satu karya sastra yang memuat nilai karakter adalah film. Terutama film animasi untuk golongan anak-anak. Berdasarkan pengamatan awal dalam film banyak termuat pendidikan karakter bagi anak. Salah satunya, yaitu film Disney Moana. film Disney Moana menceritakan tentang kerja keras dan kepedulian terhadap sesama.
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter apa saja yang ada dalam film Disney Moana, (2) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dan representasi dari karakter tanggung jawab pada film Disney Moana Produksi Walt Disney Pictures, (3) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dan representasi karakter peduli sosial pada film Disney Moana Produksi Walt Disney Pictures, (4) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dan representasi karakter kerja keras pada film Disney Moana Produksi Walt Disney Pictures.
Data penelitian ini disusun menggunakan pendekatan penelitian library research (kepustakaan) dengan teknik analisis isi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah film Disney Moana. penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data literer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat 14 nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Disney Moana, yaitu rasa ingin tahu, tanggung jawab, kerja keras, menghargai prestasi, kreatif, mandiri, bersahabat, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, cinta tanah air, semangat kebangsaan, toleransi, dan menghargai proses; (2) Representasi karakter tanggung jawab dalam film Disney Moana produksi Walt Disney Pictures dalam kehidupan sehari-hari, yaitu menjalankan amanah atau tugas yang telah diberikan orang lain tanpa memandang dari segi sisi, baik usia maupun kedudukan; (3) Representasi karakter kerja keras dalam film Disney Moana produksi Walt Disney Pictures dalam kehidupan sehari-hari, yaitu tetap berusaha dan tidak pantang menyerah jika tujuan yang diinginkannya belum tercapai; (4) Representasi karakter peduli sosial dalam film Disney Moana produksi Walt Disney Pictures dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sikap peduli sosial antar sesama makhluk hidup, baik manusia, hewan maupun tumbuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:52
Last Modified: 14 Jun 2022 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18920

Actions (login required)

View Item View Item