KONSEP SYUKUR DALAM KITAB MINHĀJUL ‘ĀBIDĪN KARYA IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AQIDAH AKHLAK KELAS X MADRASAH ALIYAH

Putri Wulandari, Cahyaning (2022) KONSEP SYUKUR DALAM KITAB MINHĀJUL ‘ĀBIDĪN KARYA IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AQIDAH AKHLAK KELAS X MADRASAH ALIYAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180049 CAHYANING PUTRI WULANDARI PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wulandari, Cahyaning Putri. 2022. Konsep Syukur Dalam Kitab Minhājul ‘Ābidīn Karya Imam Al-Ghazali dan Relevansinya dengan Materi Aqidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci: Syukur, kitab Minhājul ‘Ābidīn, Aqidah Akhlak
Kitab Minhājul ‘Ābidīn merupakan kitab tasawuf karya terakhir Imam al-Ghazali. Penelitian ini berfokus pada konsep syukur dalam kitab Minhājul ‘Ābidīn. Hal ini dilatar belakangi oleh pentingnya kajian syukur dalam materi Aqidah Akhlak. Karena akhir-akhir ini banyak siswa yang mengalami kemerosotan dan sering melupakan rasa syukur. Syukur harus ditanamkan dan diajarkan pada diri anak sejak dini. Maka, syukur merupakan salah satu materi Aqidah Akhlak yang harus diajarkan di Madrasah Aliyah, agar para siswa mengetahui bahwa betapa pentingnya syukur dan selanjutnya dapat mengamalkan dalam kehidupan-kehidupan mereka. Karena itu, perlu adanya kajian mengenai konsep syukur dalam kitab Minhājul ‘Ābidīn Karya Imam al-Ghazali dan relevansinya dengan materi Aqidah Akhlak kelas X Madrasah Aliyah.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana konsep Syukur dalam kitab Minhājul ‘Ābidīn karya Imam al-Ghazali (2) Untuk mengetahui bagaimana relevansi konsep Syukur dalam kitab Minhājul ‘Ābidīn karya Imam al-Ghazali terhadap materi Aqidah Akhlak kelas X Madrasah Aliyah.
Untuk menjawab tujuan di atas maka penulis menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (Library Research). Dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Konsep Syukur dalam kitab Minhājul ‘Ābidīn karya Imam al-Ghazali memaknai syukur sebagai bentuk menggunakan nikmat yang diperoleh pada segala hal yang disukai Allah. Dianjurkan untuk bersyukur agar kita bisa menyucikan jiwa, mendorong jiwa untuk beramal shaleh, menjadikan orang ridha, dan dengan bersyukur dapat membuktikan keimanan kita. Tingkatan orang-orang yang bersyukur yaitu orang-orang awam, orang-orang khawwaṣ, dan Orang-orang khawwaṣulkhawwaṣ. Tata cara syukur yaitu bersyukur dengan hati, bersyukur dengan lisan, dan bersyukur dengan amal perbuatan. Hikmah syukur yaitu orang yang senantiasa mendapatkan nikmat tambahan dari Allah SWT, merasakan kepuasan batin. (2) Konsep syukur dalam kitab Minhājul ‘Ābidīn karya Imam al-Ghazali relevan dengan materi Aqidah Akhlak kelas X Madrasah Aliyah, yaitu pengertian syukur, bentuk-bentuk syukur, manfaat syukur, dan hikmah syukur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:18
Last Modified: 14 Jun 2022 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18912

Actions (login required)

View Item View Item