Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Komunitas Tari Sufi (Studi Kasus di Desa Pojok Kwadungan Ngawi)

Latifah, Nurul (2022) Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Komunitas Tari Sufi (Studi Kasus di Desa Pojok Kwadungan Ngawi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Nurul Latifah_201180409.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Latifah, Nurul. 2022. Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Komunitas Tari Sufi (Studi Kasus Komunitas di Desa Pojok Kwadungan Ngawi). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Wahid Hariyanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Internalisasi Nilai, Nilai Pendidikan Islam, Tari Sufi
Nilai-nilai pendidikan islam merupakan hal yang penting untuk ditanamkan bagi setiap individu. Adanya pendidikan islam berguna untuk menanamkan nilai-nilai dan norma-norma yang tertentu dalam masyarakat. Pendidikan islam juga merupakan suatu proses perubahan menuju kearah yang lebih positif. Tanpa adanya pendidikan islam potensi yang ada dalam diri individu tidak dapat diasah dengan baik dan akan terjadi degrdasi nilai dan moral dalam masyarakat. Penanaman nilai-nilai pendidikan islam dapat dilakukan melalui berbagai lembaga baik lembaga formal, nonformal, maupun informal. Komunitas tari sufi Desa Pojok merupakan salah satu contoh lembaga informal yang menanamkan nilai-nilai pendidikan islam melalui kesenian tari yaitu tari sufi. Adanya keunikan dalam komunitas ini menjadikan alasan yang menarik untuk melakukan pengkajian lebih lanjut mengenai internalisasi nilai-nilai pendidikan islam melalui tari sufi.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan islam yang ditanamkan di komunitas tari sufi Desa Pojok 2) menjelaskan strategi penanaman nilai-nilai pendidikan islam di komunitas tari sufi Desa Pojok 3) menganalisis implikasi penanaman nilai-nilai pendidikan islam pada jiwa spiritualitas anggota komunitas tari sufi Desa Pojok.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Di mana peneliti langsung turun kelapangan untuk mengetahui fenomena apa yang terjadi, sesuai rumusan masalah yang sudah disusun. Pengumpulan data yang peneliti lakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data berupa kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah Perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) penanaman nilai-nilai pendidikan islam dalam komunitas tari sufi Desa Pojok mencangkup nilai keimanan (meliputi nilai iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab Allah, iman kepada nabi, iman kepada hari kiamat, dan iman kepada qada’ qadar), nilai ibadah (meliputi ibadah salat, puasa, zakat, tawasul, istigasah, dan ziarah makam) dan nilai akhlak (meliputi akhlak kepada Allah, akhlak kepada nabi, akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada keluarga, akhlak kepada tetangga, akhlak kepada sesama muslim, dan akhlak kepada guru). 2) strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan islam pada komunitas tari sufi Desa Pojok meliputi ceramah, keteladanan, pembiasaan, dan nasihat. 3) implikasi penanaman nilai-nilai pendidikan islam pada jiwa spiritualitas anggota komunitas Desa Pojok dapat terlihat dari dua dimensi yaitu dimensi keyakinan yaitu adanya ketenangan jiwa yang dirasakan penari setelah melakukan tari sufi, perasaan lebih dekat dengan Allah Swt., mental penari menjadi lebih terbentuk, emosi penari yang menjadi mudah di atur, dan penari menjadi tahu makna hidup yang sebenarnya dan dimensi perilaku anggota komunitas yang terlihat dengan melaksanakan salat tepat waktu, berani tampil di depan umum, memperhatikan penampilan dengan menutup aurat dengan benar, rajin mengikuti majelis, dan menjadi tidak mudah emosi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:21
Last Modified: 14 Jun 2022 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18908

Actions (login required)

View Item View Item