Penguatan Elemen Pesantren di Pondok Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo.

Fakih, Rizal (2022) Penguatan Elemen Pesantren di Pondok Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180195_RIZAL FAKIH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fakih, Rizal. 2022. Penguatan Elemen Pesantren di Pondok Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri IAIN Ponorogo. Pembimbing. Dr. Mambaul Ngadhimah. M.Ag.
Kata Kunci : Penguatan, Elemen-elemen, Pesantren

Di era perkembangan zaman yang di tunjang dengan berbagai teknologi informasi dan komunikasi cukup pesat sehingga mempengaruhi sistematika kehidupan masyarakat terutama mengenai perkembangan pesantren yang saat ini bisa dikatakan semua pesantren merupakan pesantren modern karena dalam segi infrastruktur nya sudah memadai serta jenjang pendidikan yang juga di sesuaikan, sehingga pesantren saat ini bisa di pastikan modern yang walaupun tentu dengan fasilitas maupun dengan model pendidikan yang berkembang tidak bisa di pungkiri pesantren juga tetap mempertahankan elemen-elemennya serta bagaimana mempertahankan nilai-nilai di dalamnya, permasalahannya masa sekarang ini terjadi pergeseran dan perpudaran terhadap maksimalnya elemen pesantren sehingga out put ataupun implikasi pengetahuan santri sebagai kader ulama di masa mendatang kurang berjalan maksimal sehingga dengan upaya penguatan elemen-elemen pesantren bisa mengatasi permasalahan tersebut karena dalam penelitian ini akan mengulas mengenai penguatan elemen pesantren.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian adalah : (1) Bagaimana Profil Pondok Pesantren Thoriqul Huda, Cekok, Babadan Ponorogo ? (2) Bagaimana Elemen Pesantren di Pondok Thoriqul Huda, Cekok, Babadan Ponorogo ? (3) Bagaimana Penguatan Elemen Pesantren di Pondok Thoriqul Huda, Cekok, Babadan, Ponorogo ?
Untuk menjawab pertanyaan diatas penulis menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian tersebut dapat di simpulkan : Pertama, mengenai profil Pesantren Thoriqul Huda yang didirikan oleh Kyai Dasuki 1912, awal berdirinya dikenal masyarakat dengan nama Pondok Cekok, periode selanjutnya Kyai Badaruddin 1970-1981 , tahun 1981-2015 di lanjutkan oleh Kyai Fachruddin Dasuki yang menggagas nama Pondok Pesantren Thoriqul Huda, 2015 hingga sekarang Pesantren ini di kelola oleh Ibu Nyai Munjiyatin dibantu oleh Gus Kholid Ali Khusni. Dengan sistem pendidikan klasikal dengan pengajaran kitab-kitab klasik, pengajaran Al-Qur’an. Kedua, Elemen-elemen serta nilai-nilai yang dikuatkan sebagai berikut : (a) melalui Masjid sebagai pusat kegiatan umat Islam seperti PHBI, kegiatan keagamaan santri seperti Mujahadah, Sholawat Barzanji untuk menguatkan nilai ukhuwah Islamiyah dan membangun karakter religius, (b) melalui bangunan Pondok sebagai bangunan fisik dan berfungsi sebagai tempat pembiasaan keseharian untuk menguatkan nilai-nilai kemandirian, kedisiplinan, tanggung jawab, dan gotong royong, (c) Pengajaran Kitab-kitab klasik, melalui metode sorogan, takror, bandongan untuk menguatkan nilai-nilai kompetensi santri dalam bidang ilmu alat (nahwu shorof), penguatan kompetensi ilmu fiqih dan ketrampilan membaca Al-Qur’an, (d) Santri dibiasakan pembiasaan diri di pesantren untuk menguatkan ukhuwah Islamiyah, membangun karakter religius santri dengan menjalankan amaliyah pondok seperti mujahadah serta karakter gotong royong dengan kegiatan kerja bakti (Roan) membersihkan pondok, berpakaian sederhana sopan tidak berlebihan, tanggung jawab, belajar hidup survive. (e) Kyai menjadi teladan dan panutan bagi santri dalam dunia dan akhirat. melalui sikap tawadhu’, takdhim terhadap guru atau Kyai, Wujud (Tabarrrukan) mengharapkan keberkahan santri terhadap Kyai. Ketiga, Penguatan Elemen-elemen Pesantren di Pondok Thoriqul Huda yang berkesinambungan antara elemen Pesantren mampu memunculkan nilai-nilai seperti yang disebutkan diatas dengan baik serta kontribusi dalam pendidikan yaitu menambah khasanah ilmu pengetahuan serta, untuk meninggikan moral, menghargai nilai-nilai spiritual dan kemanusiaan, mengajarkan sikap dan tingkah laku yang jujur dan bermoral, dan menyiapkan para santri sebagai kader ulama di masa depan yang memiliki sikap hormat terhadap Kyai/guru

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:09
Last Modified: 14 Jun 2022 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18906

Actions (login required)

View Item View Item