..(PERBAIKI WATERMARK TERLALU TEBAL, PERJELAS SCAN SATU LEMBAR DENGAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)... Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Bulughul Maram Bab Targhibi Fii Makarimil Akhlak Karya Ibnu Hajar Al-Asqolani Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan islam

Khasanah, Ulfah Uswatun (2022) ..(PERBAIKI WATERMARK TERLALU TEBAL, PERJELAS SCAN SATU LEMBAR DENGAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)... Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Bulughul Maram Bab Targhibi Fii Makarimil Akhlak Karya Ibnu Hajar Al-Asqolani Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text (Nilai- Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Bulughul Maram Bab Targhibi Fii Makarimil Akhlak Karya Ibnu Hajar Al-Asqolani Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam)
210317421_Ulfah Uswatun Khasanah_PAI.pdf
Restricted to Registered users only until 4 March 2023.

Download (518kB)

Abstract

Khasanah, Ulfah Uswatun, 2021. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bulughul Maram Bab Targhibi Fii Makarimil Akhlak Karya Ibnu Hajar Al-Asqlani dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Erwin Yudi Prahara, M. Ag.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Akhlak, Kitab Bulughul Maram, Tujuan Pendidikan Islam
Pendidikan akhlak adalah proses pembentukan perilaku manusia menjadi yang bermoral dan berakhlakul karimah. Dalam pendidikan akhlak, manusia harus diajarkan bagaimana cara berperilaku semestinya. Akhlak adalah yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Ketika manusia berakhlak, maka manusia akan selalu terarah dalam melakukan segala hal, dan akan tenang dalam segala hal. Seiring berjalannya waktu, jika pendidikan akhlak tidak akan dilakukan, maka manusia akan kehilangan akhlak. Pada dasarnya proses pembentukan akhlak adalah dengan pembiasaan, maka dari itu akhlak akan terbentuk.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab bulughul maram bab targhibi fii makarimil akhlak, (2) Mendeskripsikan relevansinya nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab bulughul maram bab targhibi fii makarimil akhlak terhadap tujuan pendidikan Islam. Dimana hasil penelitian tersebut dapat di implementasikan dalam kehidupan sehingga manusia akan menjadi manusia yang bermoral.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan termasuk kedalam penelitian pustaka library research, dimana bahan-bahan pustaka adalah sumber utama yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisis data penelitian ini dengan analisis konten. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik studi dokumenter dengan mengumpulkan data melalui media tertulis seperti buku, majalah, artikel, dan dalil-dalil/ hukum-hukum tentang penelitian ini.
Penelitian ini memperoleh simpulan bahwa: (1) Nilai pendidikan akhlak dalam kitab bulughul maram bab targhibi fii makarimil akhlak antara lain adalah: Akhlak manusia kepada Allah seperti tawakkal kepada Allah SWT yaitu dengan cara menyerahkan segala urusan kita kepada Allah SWT, akhlak manusia terhadap diri sendiri seperti jujur, jujur adalah berkata benar dalam ucapakan maupun tindakan yang dilakukan, tidak ada sedikitpun kebohongan yang dipendam, selanjutnya adalah akhlak manusia terhadap sesama, yaitu menyambung tali silaturahmi dengan cara mengucap salam ketika bertemu antar sesama muslim, selanjutnya akhlak mahmudah (terpuji) yaitu bersedakah, malu, dan, akhlak madzmumah (tercela) yaitu sombong, bohong, dan prasangka buruk. (2) Terdapat relevansinya antara nilai pendidikan akhlak dalam kitab bulughul maram bab targhibi fii makarimil akhlak karya Ibnu Hajar Al-Asqalani dengan tujuan pendidikan Islam bahwa kekuatan jasmani harus disiapkan, melalui ketrampilan fisik yang kuat. Dalam tujuan pendidikan Islam, salah satu tujuan yang ingin dicapai adalah tujuan jasmani, tujuan rohani, tujuan intelektual, dan tujuan sosial. Dari keempat tujuan tersebut saling berkesinambungan antara tujuan satu dengan tujuan yang lainnya, demi tercapainya tujuan pendidikan Islam serta berakhlaqul karimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:04
Last Modified: 14 Jun 2022 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18905

Actions (login required)

View Item View Item