...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN/ SCAN SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, KEASLIAN TULISAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Strategi Public Relation PT. Natural Nusantara (NASA) Dalam Membangun Brand Awareness

Fais, Ainur (2022) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN/ SCAN SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, KEASLIAN TULISAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Strategi Public Relation PT. Natural Nusantara (NASA) Dalam Membangun Brand Awareness. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Ainur Fais Upload Etheses.docx

Download (1MB)

Abstract

Fais, Ainur. 2022. Strategi Public Relation PT. Natural Nusantara (NASA) Dalam Membangun Brand Awareness. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Muh. Tasrif, M. Ag.
Perusahaan yang menganut sistem multi level marketing pada saat ini banyak dianggap sama dengan istilah money game atau skema ponzi. Keduanya memang memiliki kesamaan yakni merekrut anggota, namun masing-masing memiliki ciri-ciri yang lebih spesifik. Tujuan penelitian ini yaitu membahas tentang tahapan-tahapan yang dilalui public relation PT. Natural Nusantara dalam membangun brand awarenss, sebuah perusahaan yang menerapkan sistem bisnis multi level marketing yang terkenal dan memiliki lebih dari satu juta mitra usaha yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Adapun rumusan masalahnya yaitu (1) Bagaimana tahapan dalam membangun brand awareness yang dilakukan oleh PT. Natural Nusantara (NASA)? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat public relation PT. Natural Nusantara (NASA) dalam membangun brand awareness?.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori strategic planning for public relations milik Ronald. D. Smith dengan empat tahapan brand awareness, yaitu formative research, strategy, tactics, dan evaluative research.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) PT. Natural Nusantara (NASA) adalah sebuah perusahaan yang menganut sistem multi level marketing. Tahapan NASA dalam mengenalkan produknya kepada konsumen adalah melalui seminar-seminar dan pelatihan untuk para member NASA tentang produk yang baru diluncurkan, kemudian para mitra NASA yang akan menawarkan langsung kepada para konsumen. Tahapan analisis pasar hingga produk, perencanaan dan penyusunan strategi, penentuan taktik komunikasi serta evaluasi terhadap sebuah kegitan seluruhnya diatur oleh perusahaan, namun yang berperan sebagai ujung tombak pemasaran dan pengenalan produk kepada konsumen adalah para mitra usaha.
(2) Faktor pendukung dalam membangun brand awareness NASA adalah adanya teknisi atau konsultan dari masing-masing bidang dalam kategori produk yang benar-benar mumpuni, sedangkan faktor penghambatnya adalah sistem informasi dan sistem bisnis NASA tidak bisa masuk ke semua platform digital khususnya marketplace karena dilarang oleh Kementerian Perdagangan.
Kata Kunci: Public Relation, Brand Awareness, Multi Level Marketing, Natural Nusantara

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2022 01:49
Last Modified: 14 Jun 2022 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18897

Actions (login required)

View Item View Item