..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Manajemen Wakaf Produktif Mwc Nu Balerejo Madiun Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Ichwan, Mukhtarul (2022) ..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Manajemen Wakaf Produktif Mwc Nu Balerejo Madiun Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Mukhtarul Ichwan.pdf

Download (998kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ichwan, Mukhtarul. Manajemen Wakaf Produktif MWC NU Balerejo Madiun Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Skripsi. Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Said Abadi, M.A.
Kata kunci : Manajemen, Wakaf Produktif, Kesejahteraan Masyarakat
Manajemen strategis adalah proses yang menyeluruh dan bertahap yang diperuntukkan untuk mewujudkan strategi yang bisa dikatakan efektif. Proses manajemen menyertakan 4 fungsi dari manajemen itu sendiri yaitu perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), kepemimpinan (Leading), serta pengendalian (Controling). Menurut sudut pandang dari Islam manajemen diartikan dengan kata al-tadbir atau pengaturan.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui strategi manajemen pengeloaan wakaf produktif pada Tanah Wakaf MWC NU Balerejo Kabupaten Madiun. (2) Untuk mengetahui kontribusi manajemen wakaf produktif pada Tanah Wakaf MWC NU Balerejo dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Peneliti menggunakan metode kualitatif sebagai pendekatan dalam penelitian ini. Studi kasus menjadi jenis penelitian dalam skripsi ini. Untuk teknik yang digunakan adalah wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan model interaktif milik Milles dan Huberman yaitu: (1) data reduction, (2) data display, (3) Penarikan Kesimpulan.
Analisi yang ditemukan pada penelitian ini adalah: (1) Strategi manajemen wakaf produktif pada tanah wakaf MWC NU Balerejo Kabupaten Madiun yaitu merencanakan tujuan wakaf produktif, membentuk tim pengelola wakaf produktif, memenuhi sarana prasarana dan melakukan pengawasan serta evaluasi. (2) Kontribusi Strategi manajemen wakaf produktif pada tanah wakaf MWC NU Balerejo Kabupaten Madiun yaitu member santunan kepada anak yatim dan dhuafa serta memberikan peluang bagi warga yang memiliki usaha makanan atau produk untuk dipasarkan di Nusantara Mart.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2022 01:43
Last Modified: 14 Jun 2022 01:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18891

Actions (login required)

View Item View Item