'URF MENURUT BUYA HAMKA DALAM KITAB TAFSIR AL-AZHAR

Rohmah, Alfiyana Khoirur (2022) 'URF MENURUT BUYA HAMKA DALAM KITAB TAFSIR AL-AZHAR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ALFIA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rohmah, Alfiyana Khoirur. 2022. ‘Urf menurut Buya Hamka dalam Kitab Tafsir Al-Azhar Skripsi. Jurusan Ilmu AL-Qur’an dan Tafsir Institut Agama Islam Negeri IAIN Ponorogo. Pembimbing: M. Alwy Amru Ghozali, M.S.I.
Kata Kunci: ‘Urf, Buya Hamka, Tafsir al-Azhar
Tafsir Al-Azhar merupakan salah satu tafsir dengan corak penafsirannya yang bisa digolongkan dalam corak tafsir sastra budaya kemasyarakatan mampu menjadikan tafsir karya Buya Hamka diunggulkan, baik dari aspek kebahasaan, fiqih, teologi, tasawuf dan ilmu pengetahuan lainnya yang dikemas dalam bentuk tafsir. Dalam kitab tafsirnya, Hamka sangat mengedapankan kondisi sosial kemasyarakatan yang ada saat itu. Namun, keberagaman adat di setiap daerah yang berbeda tersebut sudah menjadi suatu kebiasaan di masyarakat telah mengakar dan dilakukan berulang-ulang yang juga biasa disebut sebagai ‘urf. perbedaan di setiap daerah tersebut yang kemudian memunculkan berbagai cara pandang yang beragam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk-bentuk penafsiran Buya Hamka terhadap ayat-ayat ‘urf dalam tafsir Al-Azhar; 2) Bagaimana relevansi penafsiran Buya Hamka dalam Tafsir Al-Azhar terhadap pemikiran Islam Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Library research. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode library research (studi kepustakaan) dan dokumentasi lalu dianalisis secara deskriptif-analisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, dalam menafsirkan ayat-ayat ‘urf Hamka tidak hanya mengutip pendapat orang terdahulu, ia juga menggunakan tinjauan dari pengalaman sendiri. ‘Urf menurut penafsiran Hamka dinilai sebagai suatu kebiasaan yang dinilai baik, tidak mendapat bantahan dari masyarakat dan dapat dijadikan landasan berhujjah. Penafsirannya terhadap ayat-ayat ‘urf didapatkan dari analisis. Kedua, Konsep ‘Urf dalam tafsir Hamka relevan dengan realitas masyarakat Indonesia yang majemuk. Nilai-nilai dalam Islam tersosialisasi di masyarakat sehingga menjadi sebuah tradisi melalui proses dialog yang damai namun dinamis. Nilai-nilai yang menjadi tradisi adalah nilai yang telah diterima oleh masyarakat secara luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Alwy Amru Ghozali
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 08:20
Last Modified: 13 Jun 2022 08:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18882

Actions (login required)

View Item View Item