Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Daun Janggelan Di Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo

Koiriyah, Rikhlah Abidatul (2022) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Daun Janggelan Di Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Rikhlah Abidatul Khoiriyah 210217040 NASKAH Skripsi (HES).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Khoiriyah, Rikhlah Abidatul. 2022. “Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Jual Beli Daun Janggelan di Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo.” Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M.S.I

Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Jual Beli, Pemotongan dan Pencampuran.
Etika Bisnis Islam merupakan salah satu kebiasaan yang digunakan dan memiliki prinsip tersendiri dalam Islam. Dalam kegiatan jual beli yang berada di Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo adalah kegiatan jual beli daun janggelan yang mana disana terdapat pelanggaran etika bisnis, di antaranya adanya kecurangan dengan mencampur daun janggelan dengan daun yang memiliki bentuk hampir sama dengan daun yang asli dan ada juga yang melakukan kecurangan dengan menambah berat timbangan dari setiap penjualan daun janggelan, maka penjual janggelan sering mengalami kerugian dikarenakan bahan daun janggelannya tidak sesuai dengan harganya.
Dari latar belakang tersebut dapat ditarik rumusan masalah yakni bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap pencampuran objek jual beli daun janggelan di Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo? Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap pemotongan berat timbangan dalam jual beli daun janggelan di Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung dan mencari data yang akurat dengan metode wawancara kepada narasumber secara langsung. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif yaitu peneliti mempelajari untuk memahami secara langsung di lapanan mengenai permasalahan yang terjadi. Hasil dari penelitian kemudian dianalisis dengan metode induktif, yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan dalil-dalil, teori-teori atau hukum yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.
Dari pembahasan di atas penulis menyimpulkan bahwa tinjauan etika bisnis Islam terhadap pencampuran daun janggelan dengan daun lain yang memiliki bentuk daun yang hampir sama dan tidak sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yaitu keadilan (kejujuran). Ada juga pelangaran berupa pemotongan berat timbangan yang mana pemotongan ini dilakukan dengan penambahan melapisan daun janggelan dengan kemasan secara berlebihan sehingga secara otomatis berat bertambah tetapi isinya makin sedikit dan tidak sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam yaitu prinsip kehendak bebas dan tanggungjawab dalam Etika Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:53
Last Modified: 13 Jun 2022 06:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18878

Actions (login required)

View Item View Item