IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL DOLOPO MADIUN

Mahfudhoh, Aprilya (2022) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL DOLOPO MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180157_Aprilya Mahfudhoh_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mahfudhoh,Aprilya. Penelitian ini berjudul “Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Tradisional Dolopo Madiun” yang dilatarbelakangi oleh fenomena yang menunjukkan berbagai penyimpangan dalam kegiatan transaksi jual beli oleh pedagang di Pasar Dolopo Madiun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan penerapan etika bisnis Islam yang ada di Pasar Dolopo Madiun.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif yang dilakukan secara deskriptif analisis. Lokasi penelitian dilakukan di Kabupaten Madiun, Kecamatan Dolopo, Provinsi Jawa Timur. Sumber data yang digunakan terbagi menjadi dua, yakni sumber data primer yang didapatkan secara langsung dari informan dan sumber data sekunder yang diperoleh dari berbagai literatur yang relevan dengan pembahasan penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi untuk selanjutnya data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditinjau dari kelima unsur etika transaksi syariah yang antara lain haram, riba, zalim, maysir dan gharar, dapat diketahui bahwa implementasi etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli oleh pedagang di Pasar Tradisional Dolopo Madiun sudah diterapkan dengan baik namun perlu perlu upaya peningkatan untuk membangun ekosistem pasar yang lebih baik oleh seluruh stakeholder yang terlibat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:41
Last Modified: 13 Jun 2022 06:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18870

Actions (login required)

View Item View Item