TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP JASA PARKIR DI JALAN SATU ARAH HOS COKROAMINOTO PONOROGO

Hasanah, Atika Nur (2022) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP JASA PARKIR DI JALAN SATU ARAH HOS COKROAMINOTO PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
102180037_ATIKA NUR HASANAH_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hasanah, Atika Nur, 2022. Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jasa Parkir di jalan satu arah HOS Cokroaminoto Ponorogo. skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. pembimbing Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I.
Kata Kunci/Keyword: Etika Bisnis Islam, jasa parkir, tugas jukir
Pelayanan jasa parkir merupakan salah satu sumber pendapatan asli suatu daerah. Parkir adalah salah satu kegiatan ekonomi dalam bentuk jasa yang dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat. Dalam penarikan retribusi tarif parkir tentunya terdapat peraturan daerah yang mengatur mengenai tarif retribusi setiap kendaraan. Oleh sebab itu seorang muslim dalam melakukan kegiatan ekonomi atau bekerja tentunnya harus mematuhi peraturan yang berlaku. Oleh karena itu, juru parkir dalam penarikan tarif parkir harus menarik tarif retribusi parkir sesuai dengan Perda yang berlaku. Dan dalam hal tanggung jawab bertugas atau bekerja tentunya juga harus melaksanakan tanggung jawab dan tugasnya kepada pengguna jasa parkir demi kepuasan dan kenyamanan para pengguna jasa parkir. Namun pada implementasinya seperti halnya di jalan satu arah HOS Cokroaminoto Ponorogo masih terdapat beberapa jukir yang menarik tarif parkir tidak sesuai dengan perda yang berlaku dan belum melaksanakan sepenuhnya tugas dan tanggung jawabnya sebagai jukir kepada pengguna jasa parkir.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana analisis etika bisnis Islam terhadap penarikan tarif parkir di jalan satu arah HOS Cokroaminoto Ponorogo? dan (2) Bagaimana analisis etika bisnis Islam terhadap tanggungjawab dan tugas jukir di jalan satu arah HOS Cokroaminoto Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian (field research). Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penelitian ini menggunakankan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil penelitian: (1) perilaku jukir dalam penarikan tarif parkir di jalan satu arah HOS Cokroaminoto Ponorogo belum sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam, karena terdapat beberapa jukir yang belum menarik tarif parkir sesuai dengan perda yang mana jukir menarik tarif parkir sebesar Rp. 2.000,00 untuk pengguna jasa parkir motor. Padahal untuk tarif parkir kendaraan motor di Perda tercantum Rp. 1.000,00 untuk satu kali parkir. (2) Perilaku jukir terhadap tanggung jawab dan tugas jukir di jalan satu arah HOS Cokroaminoto Ponorogo. seperti halnya, jukir tidak memberikan karcis, tidak semua kendaraan ditata letakkan dengan rapi, dan jukir yang melanggar aturan lalu lintas dalam hal memberikan pelayanan parkir di tepi jalan. Perilaku jukir ini tidak sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:40
Last Modified: 13 Jun 2022 06:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18868

Actions (login required)

View Item View Item