Efektivitas Keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor 379 Tahun 2018 Dalam Praktik Bimbingan Perkawinan Pranikah di KUA Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo

Oktasari, Triana (2022) Efektivitas Keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor 379 Tahun 2018 Dalam Praktik Bimbingan Perkawinan Pranikah di KUA Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Triana Oktasari-101180220-HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Oktasari, Triana. Efektivitas dihubungkan secara langsung dengan pencapaian tujuan, sehingga dapat diartikan bahwa suatu kegiatan atau keadaan yang dilaksanakan oleh seseorang atau organisasi yang memiliki dampak serta hasil sesuai dengan yang diharapkan. Bimbingan Perkawinan Pranikah Bagi Calon Pengantin merupakan upaya yang dilakukan oleh setiap KUA dan lembaga lain yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Kemenag melalui Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 379 Tahun 2018 tentang Praktik Bimbingan Perkawinan Pranikah, sebagai bentuk penguatan persiapan perkawinan yang diorientasikan pengetahuan, kemampuan pasangan calon pengantin untuk menghadapi tantangan kehidupan yang luas. Dan pada program tersebut terdapat 2 tahap bimbingan yaitu bimbingan tatap muka dan bimbingan mandiri. Bahwa dengan hal itu, KUA Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo hanya menekankan atau melaksanakan bimbingan tatap muka sehingga bimbingan mandiri tidak terlaksana, maka dapat dilihat KUA Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo belum melaksanakan sesuai dengan Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 379 Tahun 2018 Tentang Praktik Bimbingan Perkawinan Pranikah.
Adapun pokok permasalahan sebagai beikut 1. Bagaimana efektivitas implementasi Bimbingan Perkawinan Pranikah di KUA Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo ? 2. Faktor apa yang mempengaruhi implementasi bimbingan perkawinan pranikah di KUA Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo ?
Metode penelitian yang digunakan peneliti lapangan (field research) yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dilakukan penarikan kesimpulan.
Efetivitas Implementasi bimbingan perkawinan pranikah di KUA Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo belum berjalan efektif, karena dalam penerapannya hanya menerapkan 1 model saja yaitu bimbingan tatap muka. Pada pelaksanaan bimbingan perkawina pranikah tahap tatap muka juga terdapat faktor penghambatnya, yaitu disebabkan oleh faktor masyarakat, yang mana calon pengantin kurang mementingkan dengan adanya program bimbingan perkawinan pranikah yang di laksanakan di KUA Kecamatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Hidayatul Imtihanah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 07:02
Last Modified: 13 Jun 2022 07:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18867

Actions (login required)

View Item View Item