Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Gerakan Literasi di MA Ma'arif Nahdlatul Ummah Ponorogo

Rifai, Arif Zein (2022) Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Gerakan Literasi di MA Ma'arif Nahdlatul Ummah Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
arif zein rifai e thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rifai,Arif Zein.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kendala dalam penerapan gerakan literasi Sekolah di MA Ma’arif Nahdlatul Ummah Ponorogo, antara lain ada beberapa siswa yang kurang antusias, kekurangan tenaga pendidik/guru, kurangnya perhatian orang tua siswa dalam masalah membaca putra putrinya, ketersedian buku perpustakaan yang kurang, sarana dan prasarana tempat membaca yang belum kondusif, dan keterbatasan mengakses internet karena di lingkungan pondok pesantren. Disinilah kompetensi manajerial kepala madrasah diperlukan dalam mengelola gerakan literasi di madrasah tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan, kompetensi manajerial kepala madrasah dalam gerakan literasi di MA Ma’arif Nahdllatul Ummah.(2) Untuk menganalisis kompetensi manajerial kepala madrasah dalam pengelolaan gerakan literasi di MA Ma’arif Nahdllatul Ummah (3) Untuk menganalisis implikasi kompetensi manajerial kepala madrasah dalam gerakan literasi di MA Ma’arif Nahdllatul Ummah
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis penelitian ini yaitu studi kasus. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjang waktu penelitian dan ketekunan pengamatan, triangulasi dan menggunakan referensi.
Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini ialah Kompetensi manajerial yang dimiliki kepala madrasah MA Ma’arif Nahdlatul Ummah dalam gerakan literasi di tahap persiapan yakni kepala madrasah menyusun progam gerakan literasi dalam rencana kerja madrasah, mengembangkan organisasi madrasah dengan membentuk struktur organisasi tim literasi dan pembagian kerjanya, mengelola sarana dan prasarana untuk progam gerakan literasi. Pada tahap pelaksanaan kepala madrasah memimpin dan mengelola sumber daya secara optimal, mengelola perubahan dan pengembangan madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif, menciptakan budaya yang inovatif, mengelola hubungan masyarakat, mengelola peserta didik, mengembangkan kurikulum, mengelola keuangan, mengelola perpustakaan dan lab komputer, mengelola system informasi dan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam progam gerakan literasi. Pada tahap pemantauan dan evaluasi kepala madrasah melakukan pemantauan dan evaluasi gerakan literasi dibantu tim literasi dan guru. Dan pada tahap tindak lanjut meliputi merencanakan progam berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi.
Penerapan kompetensi manajerial kepala madrasah dalam pengelolaan gerakan literasi di MA Ma’arif Nadhdlatul Ummah yakni pengelolaan persiapan meliputi kepala memimpin rapat koordinasi pembentukan tim literasi, membuat struktur organisasi tim literasi, mengarahkan progam kerja, membuatkan SK tim literasi, melaksanakan sosialisasi internal, penyediaan sarana dan prasarana gerakan literasi, pengelolaan dalam pelaksanaan meliputi kepala madrasah mengelola kegiatan pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Pengelolaan pada pemantauan dan evaluasi meliputi pemantauan yang dilakukan pengamatan langsung oleh kepala madrasah, tim literasi dan semua guru, serta juga menggunakan instrument. Dan untuk bentuk evaluasi dilakukan dalam bentuk musyawarah bersama dengan semua guru dan juga evaluasi bersama langsung dengan siswa. Pengelolaan dalam tindak lanjut meliputi pemberian laporan hasil baca siswa kepada wali murid saat pembagaian rapor UTS maupun UAS, analisis kendala dengan pertanyaan kepada siswa dan guru, pemanggilan terhadap siswa yang kurang aktif dalam kegiatan literasi, dan pemberian apresiasi berupa penghargaan dan pemberian motivasi dan sanksi.
Kompetensi manajerial kapala madrasah dalam pengelolaan gerakan literasi memberikan dampak pada siswa yang merasakan adanya peningkatan dalam minat membaca, peningkatan motivasi untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah dan peningkatan prestasi siswa dalam lomba karya tulis ilmiah, Dan juga berdampak pada tim literasi madrasah yang merasakan progamnya lebih terencana, terarah, terkelola dan terpantau karena adanya arahan dan kebijakan kebijakan dari kepala madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:56
Last Modified: 13 Jun 2022 06:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18859

Actions (login required)

View Item View Item