(PDF KAN..UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Peran Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di TKIT 1 Qurrota A'yun Ponorogo

Nur, Anisah and Yuli Salis, Hijriyani, M.Pd. (2022) (PDF KAN..UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Peran Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di TKIT 1 Qurrota A'yun Ponorogo. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
211117003_NURANISAH_Pendidikan Islam Anak Usia Dini.docx

Download (1MB)

Abstract

Nuranisah. 2021. Peran Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuli Salis Hijriyani, M.Pd.
Kata Kunci : Peran Guru, Kreativitas, Anak Usia Dini
Kreativitas merupakan salah satu aspek perkembangan dalam diri Anak Usia Dini yang perlu di perhatikan sejak dini. Kreativitas sendiri yaitu kemampuan yang dimiliki seseorang dimana ia mampu menciptakan suatu karya atau mampu mengungkapkan gagasan yang belum pernah ada sebelumnya. Untuk meningkatkan kreativitas anak perlu adanya seorang guru. Di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo peneliti menemukan permasalahan kreativitas, seperti anak yang masih belum mampu mengerjakan kegiatan yang diberikan oleh guru yang kegiatan tersebut untuk meningkatkan kreativitas anak, anak masih belum mampu menemukan solusi saat anak sedang dalam masalah seperti anak tidak mau membereskan mainan yang ditumpahkannya. Sehingga diperlukannya peran guru agar adanya pencapaian indikator perkembangan terutama kreativitasanak usia dini.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan profil kreativitas anak usia dini di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo, 2) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo, 3) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pelatih dan model dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi di TKIT 1 Qurrot A’yun Ponorogo, wawancara dengan sumber data kepala sekolah dan guru kelas B1 dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Profil Kreativitas anak usia dini di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo secara umum kreativitas anak pada kelas B1 TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo dalam kategori berkembang sesuai harapan, tetapi masih ada beberapa anak yang memerlukan stimulus dari orang sekitarnya seperti orang tua dan guru. (2) Peran guru sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo adalah merangsang imajinasi, membebaskan anak berkreasi, memberikan pujian pada anak, memberikan kegiatan melalui video pada masa pandemi; (3) Peran guru sebagai pelatih dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo adalah Guru memberi pelatihan, pengarahan, dan memotivasi anak dan Guru mempraktikkan kegiatan kepada anak. sedangkan peran guru sebagai model adalah harus memberikan tauladan bagi siswa danmasyarakat seperti bertutur kata yang baik dan berperilaku yang sopan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 07:03
Last Modified: 13 Jun 2022 07:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18854

Actions (login required)

View Item View Item