...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN BERSETEMPEL, UPLOAD ULANG)...Manajemen Layanan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Kunjung Siswa Di SMP Negeri 1 Ponorogo

Septiana, Ika Wahyu (2022) ...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN BERSETEMPEL, UPLOAD ULANG)...Manajemen Layanan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Kunjung Siswa Di SMP Negeri 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
206180101 IKA WAHYU SEPTIANA MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Septiana, Ika Wahyu, 2022. Manajemen Layanan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Kunjung siswa di SMP Negeri 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Ghafar, M. Pd.
Kata Kunci: Manajemen Layanan Perpustakaan, Minat Kunjung
Perpustakaan dipandang sebagai sarana yang edukatif dan bersama-sama dengan unsur yang lain ikut menentukan suatu proses Pendidikan sepanjang hayat. Perpustakaan memberikan kontribusi yang sangat penting bagi upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa, kualitas pendidikan dan pembelajaran. Untuk membantu tercapainya tujuan tersebut, maka perpustakaan sekolah melaksanakan fungsinya sebagai pusat pendidikan, informasi dan pusat rekreasi. Pelayanan perpustakaan diberikan pustakawan untuk membantu para pemustaka, untuk medapatkan kepuasan pada pelayanan perpustakaan memerlukan manajemen dalam meningkatkan layanan pustakawan yang baik dan benar sehingga warga di lingkungan sekolah semakin giat untuk berkunjung keperpustakaan. Perpustakaan tidak terlepas dari para pustakawan yaitu sebagai pelaksana kegiatan perpustakaan atau induvidu yang terlibat dalam kegiatan perpustakaan, yang bertaggung jawab dalam keberhasilan kualitas ilmu dan pengetahuan pemustaka. Tujuan yang harus dicapai oleh perpustakaan yaitu kepedulian seluruh staf kepada para pemustaka dalam memberikan layanan prima.
Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan, mengetahui, dan memahami; (1) perencanaan layanan perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung siswa, (2) Penerapan pelayanan dalam meningkatkan minat kunjung siswa, (3) Evaluasi layanan perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung siswa.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitiam ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan model pendekatan studi kasus, serta teknik pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Kepala Perpustakaan, Pustakawan dan Siswa. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, sajian data dan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) perencanaan perpustakaan mengacu pada 3 aspek yakni; mengacu pada aspek visi, misi, melibatkan semua stakholder dan bersandarkan pada kebutuhan akreditas perpustakaan. Program kerja yang dibuat ini berkaitan dengan kepentingan akreditas sekolah dan perpustakaan. (2) Tugas dari pelayanan perpustakaan yakni: layanan peminjaman buku, pembuatan kartu tanda anggota perpustakaaan, layanan literasi, layanan perpanjangan buku, layanan pengembalian buku, layanan pengolahan koleksi, layanan digital. (3) Pada proses evaluasi dilakukan setiap 1 tahun sekali. Pihak yang terlibat dalam kegiatan evaluasi yakni kepala sekolah yang bertugas memonitoring pelaksanaan program yang. Tidak lanjut dari kegiatan evaluasi yaitu pembenahan-pembenahan program.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:42
Last Modified: 13 Jun 2022 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18849

Actions (login required)

View Item View Item