Problematika Non Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas III SDN Kincang 03 Kabupaten Madiun

Leotamara, Wynne (2022) Problematika Non Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas III SDN Kincang 03 Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Etheses Skripsi Wynne Leotamara.pdf

Download (960kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Leotamara, Wynne. 2022. Problematika Non Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Pada Siswa Kelas III SDN Kincang 03 Kabupaten Madiun, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo, Pembimbing Ika Rusdiana, MA.
Kata Kunci: Problematika Non Linguistik, Motivasi Belajar Siswa, Konsentrasi
Belajar Siswa, Pembelajaran Bahasa Inggris
Dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris dihadapkan pada beberapa problematika
yang meliputi problematika linguistik dan non linguistik, seperti yang terjadi pada siswa kelas III
SDN Kincang 03 Kabupaten Madiun. Problematika non linguistik sendiri terdiri dari beberapa
faktor yaitu faktor guru, metode, lingkungan, media serta siswa. Penelitian ini perlu untuk dikaji
karena jika ingin tujuan pembelajaran Bahasa Inggris tercapai, maka harus memperbaiki faktor
yang belum terpenuhi, salah satu faktor yang belum terpenuhi dalam pembelajaran Bahasa Inggris
di kelas III SDN Kincang 03 Kabupaten Madiun yaitu pada faktor siswa aspek motivasi belajar
dan aspek konsentrasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran
Bahasa Inggris pada siswa kelas III SDN Kincang 03 Kabupaten Madiun (2) Untuk
mendeskripsikan problematika motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas
III SDN Kincang 03 Kabupaten Madiun (3) Untuk mendeskripsikan problematika konsentrasi
belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas III SDN Kincang 03 Kabupaten Madiun.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik
pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang peneliti gunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles
dan Huberman. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara triangulasi.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris pada siswa
kelas III SDN Kincang 03 Kabupaten Madiun yaitu perencanaan pembelajaran, guru menyusun
RPP sebelum melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris, media pembelajaran yang digunakan
guru yaitu alat peraga berupa gambar beserta tulisan serta script percakapan. Metode pembelajaran
yang digunakan guru yaitu menirukan pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan. Pelaksanaan
pembelajaran, guru melaksanakan proses pembelajaran Bahasa Inggris sesuai dengan RPP yang
telah disusun, dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris di kelas III terdapat tiga kegiatan
yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti serta kegiatan penutup. Evaluasi hasil belajar siswa, guru
menggunakan teknik evaluasi berupa tes yang meliputi tes tulis dan tes lisan. (2) Problematika
motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas III SDN Kincang 03 Kabupaten
Madiun yaitu mudah putus asa, rendahnya minat siswa untuk mempelajari Bahasa Inggris, tidak
bisa mempertahankan pendapatnya, kurang tekun dalam belajar Bahasa Inggris dan belum mandiri
dalam mengerjakan tugas Bahasa Inggris. (3) Problematika konsentrasi belajar siswa dalam
pembelajaran Bahasa Inggris kelas III SDN Kincang 03 Kabupaten Madiun yaitu kurang adanya
respon terhadap materi yang diberikan guru, kesulitan memahami materi pelajaran Bahasa Inggris,
tidak memperhatikan penjelasan guru, kesulitan mengemukakan pendapatnya, kurangnya minat
siswa terhadap pelajaran Bahasa Inggris dan menunjukkan sikap bosan pada saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:20
Last Modified: 13 Jun 2022 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18846

Actions (login required)

View Item View Item