...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pola Asuh Anak di Panti Asuhan Perspektif Hadanah (Studi di Panti Asuhan Ittihadul Inayah Ponorogo)

Anjani, Ayu Ajeng (2022) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pola Asuh Anak di Panti Asuhan Perspektif Hadanah (Studi di Panti Asuhan Ittihadul Inayah Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101180132_Ayu Ajeng Anjani_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pola asuh anak adalah cara yang digunakan dalam usaha membentuk anak untuk tumbuh dan berkembang dengan merawat, membimbing, dan mendidik, agar anak mencapai kemandiriannya. Pengasuhan anak dalam Islam disebut dengan hadanah. Secara teori pola asuh anak pada hadanah adalah dengan mengklasifikasikan pada usia anak, cara belajar sambil bermain pada jenjang usia 0-7 tahun, dan tanamkan sopan santun dan disiplin pada jenjang usia 7-14 tahun, kemudian ajaklah bertukar pikiran pada jenjang usia 14-21 tahun, dan sesudah itu lepaskan mereka untuk mandiri. Namun panti asuhan Ittihadul Inayah cenderung menetapkan standar yang mutlak, aturan-aturan yang harus dipatuhi dan dituruti oleh anak, mereka juga menyamakan pola asuh yang diterapkan pada semua anak-anak asuhnya, meskipun anak-anak yang tinggal di panti asuhan memiliki usia yang berbeda-beda. Dari sini timbullah pola asuh yang bertentangan dengan pola asuh anak pada hadanah yang mengawali konsep kasih sayang dan mendidik anak.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi pola asuh anak pada panti asuhan Ittihadul Inayah perspektif hadanah? Bagaimana dampak pola asuh anak pada panti asuhan Ittihadul Inayah perspektif hadanah.

Adapun penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pola asuh anak pada panti asuhan yaitu panti menerapkan pola asuh otoriter. Pola asuh ini bertentangan dengan pola asuh yang ada pada hadanah. Namun juga memiliki dampak yang positif dan negatif, dampak positifnya anak mempunyai kepribadian dalam mengurus diri dengan baik dan disiplin. Namun dampak negatifnya anak menjadi pribadi yang pendiam, tidak terbuka satu sama lain dan penakut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khairil Umami
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:38
Last Modified: 13 Jun 2022 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18842

Actions (login required)

View Item View Item