Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMKN 1 Jiwan Madiun

Sastrianti, Sindy (2022) Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMKN 1 Jiwan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180204_SINDY SASTRIANTI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sastrianti, Sindy. Keberhasilan suatu pendidikan pada dasarnya dapat dilihat dari apa yang dicapai oleh
siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Apa yang dicapai siswa ini sering disebut dengan
hasil belajar. Kualitas pembelajaran di kelas dapat mempengaruhi kualitas hasil pembelajaran. Seperti yang terjadi di kelas masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Hal ini disebabkan karena kurangnya keaktifan siswa dalam bertanya dan ketika mengerjakan soal.
Karena kurang efektifnya kegiatan pembelajaran di kelas, mengakibatkan siswa kurang berkontribusi dalam mengikuti pelajaran sehingga menyebabkan nilai yang dicapai belum
maksimal. Untuk itu dalam pembelajaran PAI agar materi ajar yang disampaikan lebih mudah
dipahami dan dapat menarik perhatian siswa sehingga dapat menjadikan hasil pembelajaran lebih
meningkat, maka diperlukan media yang dapat membantu kegiatan belajar mengajar. Salah
satunya yaitu dengan menggunakan media audio visual. Melalui penggunaan media audio visual pada saat kegiatan pembelajaran dapat memberikan rangsangan, pengalaman, dan persepsi
terhadap materi pembelajaran sehingga kegiatan belajar di kelas dapat terlaksana secara efektif
serta dapat mencapai hasil pembelajaran secara optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan media audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran
PAI kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMKN 1 Jiwan Madiun, (2) Mengetahui implikasi
penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMKN 1 Jiwan Madiun.
Dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan dengan dua siklus. Penelitian ini dilakukan berdasarkan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan di setiap siklusnya, antara lain tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap
pengamatan, dan tahap refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Objek peneliitian ini adalah siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan SMKN 1 Jiwan yang berjumlah 33 siswa.
Hasil dari penelitian pada mata pelajaran PAI siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan
di SMKN 1 Jiwan Madiun dengan menggunakan media audio visual menunjukkan bahwa adanya peningkatan di setiap siklusnya. Pada siklus I hasil observasi aktivitas siswa mempunyai persentase 65%, kemudian meningkat sebanyak 20% menjadi sangat efektif yaitu 85%.
Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata tes akhir yaitu 75,30 dengan persentase sebesar 61% siswa yang tuntas mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah diadakan refleksi, pada siklus II rata-rata tes akhir meningkat yaitu 82,87 dengan persentase 85% siswa yang sudah tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:43
Last Modified: 13 Jun 2022 06:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18835

Actions (login required)

View Item View Item