...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Strategi Guru PAI dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius pada Siswa Kelas 3 melalui Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an di SDN Ngrukem Mlarak Ponorogo Tahun Pembelajaran 2021-2022

Handayani, Putri Wahyu (2022) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Strategi Guru PAI dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius pada Siswa Kelas 3 melalui Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an di SDN Ngrukem Mlarak Ponorogo Tahun Pembelajaran 2021-2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180097_Putri Wahyu Handayani_PGMI.pdf

Download (969kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Putri Wahyu Handayani, 2022. Strategi guru PAI dalam menanamkan nilai
karakter religius pada siswa kelas 3 melalui pembiasaan tadarus Al-qur’an di
SDN Ngrukem Mlarak Ponorogo tahun pembelajaran 2021-2022. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr.
Agus Tricahyo, M.A.
Kata Kunci: nilai karakter religius, strategi keteladanan guru, penanaman
kedisiplinan, pembiasaan siswa
Penanaman nilai karakter religius sangat penting ditanamkan sejak dini
sebagai fondasi awal bagi anak agar memiliki sifat dan karakter yang baik, namun
semua itu tergantung dengan kondisi lingkungan masyarakat. Seperti yang telah
diketahui di SDN Ngrukem terdapat masalah penyimpangan karakter yang
disebabkan oleh adanya degradasi moral di masa pandemi, seperti halnya sopan
santun yang dianggap kurang penting untuk dilakukan oleh peserta didik baik
ketika berbicara maupun berperilaku pada setiap orang. Beberapa upaya
penanaman nilai karakter religius telah dilakukan mulai dari sistem pendidikan
yang mengajarkan kedisiplinan hingga tenaga pendidik terkhusus Guru PAI
sebagai guru yang mengajarkan tentang keagamaan di sekolah negeri telah
melakukan beberapa strategi yang dapat mendukung proses penanaman karaketer
religius tersebut pada siswa khususnya di kelas bawah.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan
guru PAI seperti keteladanan, penanaman kedisiplinan dan pembiasaan pada
siswa dalam proses penanaman nilai karakter religius pada siswa kelas 3 di SDN
Ngrukem Mlarak Ponorogo
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan dengan beberapa
narasumber yaitu kepala sekolah, guru PAI, guru kelas 3, dan beberapa siswa
kelas 3. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan
dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan
verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi keteladanan yang
dilakukan oleh Guru PAI dimulai sejak anak masuk di lingkngan sekolah, guru
selalu memberikan contoh yang baik pada peserta didik mulai dari cara
berpakaian yang rapi, berbicara jujur, berperilaku sopan santun dan menghormati
orang lain. (2) Melalui strategi penanaman kedisiplinan guru PAI memulai dengan
pengidentifikasian perilaku siswa, setelah itu guru akan mulai menanamkan
kedisiplinan dan tanggungjawab pada siswa melalui komunikasi verbal maupun
praktik langsung. Dalam hal ini guru PAI hanya merujuk pada tata tertib yang ada
dan hanya memberikan nasihat atau teguran bagi anak yang menyimpang. (3)
Dalam strategi pembiasaan guru PAI selalu membiasakan dan membimbing anak
untuk melaksanakan kegiatan secara rutin dan tertib, sehingga setiap proses
pembiasaan tadarus Al-Qur’an anak akan mengikuti dengan sungguh-sungguh dan
memperhatikan adab yang ada, maka akan tertanam pada anak sikap taat kepada
Allah, bersyukur, dan sabar dalam berbagai keadaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Tricahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:18
Last Modified: 13 Jun 2022 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18833

Actions (login required)

View Item View Item