FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WANITA DALAM MENJALANKAN BISNIS UMKM DI KABUPATEN BOJONEGORO

Afian, Hayu (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WANITA DALAM MENJALANKAN BISNIS UMKM DI KABUPATEN BOJONEGORO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180212_HAYU AFIAN_EKONOMI SYARIAH .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Afian, Hayu. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wanita Dalam Menjalankan Bisnis UMKM di Kabupaten Bojonegoro. Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Unun Roudlotul Janah, M. Ag.
Kata kunci: Faktor Internal, Faktor Eksternal dalam menajalankan bisnis UMKM.
Dalam menjalankan bisnis terutama di bidang UMKM terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi terdapat Faktor Internal yang terdiri dari Minat, Pemberdayaan diri dan Motivasi dan Faktor Eksternal terdiri dari Dukungan suami/keluarga, Sumber dana, Lingkungan keluarga/keturunan, Lingkungan sosial, Peluang. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wanita Dalam Menjalankan Bisnis UMKM di Kabupaten Bojonegoro.
Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam pengambilan data yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan Teknik In-dept interview (wawancara mendalam) terhadap sejumlah informan. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan persepsi yang berbeda-beda dari masing-masing informan. Terdapat berbagai bidang usaha yang dijalankan oleh infroman di Kabuaten Bojonegoro yaitu Kerajinan Handmade & Jasa Pelatihan Ketrampilan, Fashion dan Berbagai Craft, Wedding Organizer, Bumbu dan Camilan dan Anyaman tas.
Dan menarik kesimpulan dari hasil wawancara ke beberapa UMKM yang didirikan oleh wanita menjadi penjabaran yang jelas mengenai faktor yang mempengaruhi wanita dalam menjalankan bisnis UMKM di Kabupaten Bojonegoro yaitu Faktor internal minat dengan didukun keterampilan serta motivasi, faktor lainnya yang mendukung pada lingkungan sosial dan kendala adanya Kurangnya permodalan, Kurangnya support, persaingan serta keterbatasan pengetahuan di bidang IT untuk pemasaran online.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:20
Last Modified: 13 Jun 2022 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18832

Actions (login required)

View Item View Item