IMPLEMENTASI METODE CERAMAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS INKLUSI XI IPS MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

Rohman, Nabila Husna Maulida (2022) IMPLEMENTASI METODE CERAMAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS INKLUSI XI IPS MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180390_NABILA HUSNA MAULIDA ROHMAN_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rohman,Nabila Husna Maulida . 2022. Implementasi Metode Ceramah Dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak di Kelas Inklusi XI IPS MA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Bapak Arif Wibowo, M.Pd.I.
Kata Kunci: Implementasi Metode Ceramah, Pembelajaran Akidah Akhlak, Kelas Inklusi
Dalam proses pembelajaran tentunya terdapat suatu metode yang digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Dari banyaknya metode pembelajaran yang ada, metode ceramah sampai sekarang masih eksis dipakai guru dalam membantu menyampaikan materi pelajaran, hampir penyampaian materi pelajaran tidak lepas dari metode ceramah. MA Muhammmadiyah 1 Ponorogo merupakan sekolah yang masih eksis menerapkan metode ceramah sebagai metode utama dalam pembelajaran di kelas inklusi. Melihat kelas inklusi merupakan kelas yang membutuhkan perlakuan khusus saat mengajar. Oleh karena itu saat menerapkan metode ceramah guru di tuntut untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah penerapan metode ceramah yang sesuai dengan kaidah metode ceramah. Dalam hal ini, peneliti merujuk pada permasalahan tentang bagaimana implementasi metode ceramah dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas inklusi XI IPS MA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi metode ceramah dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak di kelas inklusi XI IPS Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Ponorogo. (2) mengetahui hambatan-hambatan guru dalam implementasi metode ceramah pada proses pembelajaran Akidah Akhlak di kelas inklusi XI IPS Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Ponorogo. (3) mengetahui upaya guru untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam implementasi metode ceramah pada proses pembelajaran Akidah Akhlak di kelas inklusi XI IPS Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi yang dijadikan objek penelitian adalah MA Muhammadiyah 1 Ponorogo yang terletak di Jalan Stadion Timur No. 20 A Ponorogo Kelurahan Kertosari Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Terdapat dua sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data, yaitu reduction data, display data, dan conclusion drawing/verification. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles dan Huberman.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwasanya (1) impelementasi metode ceramah dalam proses pembelajaran akidah akhlak di kelas inklusi MA Muhammadiyah 1 Ponorogo dibagi atas tiga tahapan yaitu persiapan, inti atau pelaksanaan dan penutup, dalam penerapannya metode ceramah sangat mudah diterima dan diterapkan dalam kelas inklusi, oleh karena itu metode ceramah sangat berperan penting dalam membantu menyampaikan pelajaran. (2) hambatan guru dalam implementasi metode ceramah dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas inklusi XI IPS MA Muhammadiyah 1 Ponorogo terbagi atas dua faktor yaitu faktor internal atau dari dalam guru dan siswa, faktor eksternal atau diluar guru dan siswa. (3) upaya guru mengatasi hambatan dalam implementasi metode ceramah dalam proses pembelajaran akidah akhlak di kelas inklusi XI IPS MA Muhammadiyah 1 Ponorogo bahwasanya terdapat banyak upaya yang telah di rancang untuk mengatasi hambatan dalam penerapan metode ceramah baik hambatan yang berasal dari faktor internal atau eksternal, terdapat beberapa upaya yang membutuhkan proses waktu untuk merealisasikannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:42
Last Modified: 13 Jun 2022 06:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18823

Actions (login required)

View Item View Item