Strategi Guru untuk Mengembangkan Sikap Sosial dalam Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas IV di SDN Jalen Balong Ponorogo

Anggraini, Viggi (2022) Strategi Guru untuk Mengembangkan Sikap Sosial dalam Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas IV di SDN Jalen Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180133_Viggi Anggraini_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anggraini, Viggi. 2022. Strategi Guru untuk Mengembangkan Sikap Sosial dalam Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas IV di SDN Jalen. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ulum Fatmahanik M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Guru, Sikap Sosial, Pembelajaran Tematik
Sikap sosial merupakan sikap yang harus dimiliki oleh siswa karena termasuk dalam penilaian pembelajaran tematik. Sikap sosial pada siswa kelas IV SDN Jalen sudah baik. Guru memiliki strategi dalam mengembangkan sikap sosial siswa di kelas IV. Akan tetapi, adanya pandemi Covid-19 menyebabkan diterapkannya pembelajaran daring yang berdampak bagi sikap sosial siswa kelas IV pada aspek disiplin, tanggung jawab, dan percaya diri. Dimana terdapat beberapa siswa ketika pembelajaran tatap muka di kelas kurang tertib, mereka masih terbawa suasana santai. Ketika berseragam ada yang tidak lengkap. Sikap tanggung jawab terlihat ada beberapa yang tidak mengumpulkan tepat waktu. Sikap percaya diri terlihat saat proses pembelajaran, terdapat siswa yang kurang percaya diri saat maju di depan kelas. Oleh karena itu penerapan strategi guru sangat penting untuk mengembangkan sikap sosial siswa agar menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi guru untuk mengembangkan sikap disiplin dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV, (2) mendeskripsikan strategi guru untuk mengembangkan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV, (3) mendeskripsikan strategi guru untuk mengembangkan sikap percaya diri dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar wawancara kepada guru dan siswa serta lembar observasi strategi guru untuk mengembangkan sikap sosial siswa dan lembar observasi sikap sosial siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi guru untuk mengembangkan sikap disiplin dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV yaitu keteladanan, pembiasaan, teguran dan hukuman. (2) Strategi guru untuk mengembangkan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV yaitu dengan pembiasaan, pengkondisian, dan hukuman. (3) Strategi guru untuk mengembangkan sikap percaya diri dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV yaitu dengan menerapkan diskusi kelompok dan pemberian motivasi berupa kalimat-kalimat positif yang membangun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:33
Last Modified: 13 Jun 2022 03:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18820

Actions (login required)

View Item View Item