NILAI PENDIDIKAN RUHIYAH KITAB TA'LIMUL MUTA'ALLIM

Tri, Wulandari (2022) NILAI PENDIDIKAN RUHIYAH KITAB TA'LIMUL MUTA'ALLIM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180119_TRI WULANDARI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wulandari, Tri. 2022. Nilai Pendidikan Ruhiyah Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Agus Tricahyo, MA.
Kata kunci: Nilai, Pendidikan Ruhiyah, Kitab Ta’limul Muta’allim

Dalam pendidikan islam untuk membentuk karakter anak, pendidikan ruhiyahlah yang menempati posisi paling penting karena disanalah letak tolak ukur kebaikan dan spirit jiwa seseorang. Jika ruhiyahnya baik, semua dimensi lain yang ada pada dirinya, yaitu akal dan tubuh juga akan baik. Begitupun sebaliknya. Ketiadaan pengetahuan tentang bagaimana mendidik ruhani yang benar, mengakibatkan terbentuknya karakter yang tidak benar. Dengan demikian, Kekuatan yang paling utama dalam perubahan perilaku anak untuk membentuk karakter yang baik yaitu Ruhiyah. Melalui Kitab Ta’limul Muta’allim nilai pendidikan ruhiyah yang ada akan menjadi pondasi bagi penguasaan terhadap nilai-nilai akhlak mulia sehingga peserta didik dapat memiliki budi pekerti yang luhur.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pendidikan Ruhiyah yang Terdapat dalam Kitab Ta’limul Muta’allim (2) Untuk mengetahui Pendidikan Karakter Siswa dalam Kitab Ta’limul Muta’allim (3) Untuk mengetahui Pendidikan Ruhiyah dalam Kitab Ta’limul Muta’allim terhadap karakter siswa.
Penelitian ini dikategorkan dalam jenis penelitian kepustakaan (library research). Oleh karena itu teknik pengumpulan data yang tepat pada penelitian ini adalah kepustakaan yaitu teknik yang digunakan dalam pengumpulan data literer yang berati mengumpulkan bahan-bahan pustaka yang berhubungan dengan objek pembahasan yang dimaksud. Dalam menganalisis data yang telah diperoleh tersebut adalah metode content Analysis atau disebut dengan istilah “analisis isi”.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Nilai-nilai pendidikan ruhiyah dalam kitab Ta’limul Muta’allim karya Imam al-Zarnuji yang telah ditemukan oleh penulis ada 4, yaitu; Pertama keimanan yang meliputi bertauhid, tawakal, berdoa, bersabar, dan bersyukur. Kedua, ibadah yang meliputi shalat dan dzikir. Ketiga, akhlak yang meliputi tawadhu’, wara’, menghormati orang tua, guru, dan ilmu,dan rukun. Keempat, yaitu sosial yang meliputi husnuzhon, silaturami, dan kasih sayang (2) Nilai-Nilai pendidikan karakter dalam kitab Ta’limul Muta’allim yang telah ditemukan oleh penulis ada 11, yaitu; Niat yang baik, demokratis, jujur, cerdas, bersyukur, sabar dan tabah, bersahabat, zuhud, dermawan, bersungguh-sungguh, dan rajin. (3) Hasil analisis nilai pendidikan ruhiyah yang terdapat dalam kitab Ta’limul Muta’allim dapat menjadikan pelajar yang memiliki karakter yang baik. Nilai keimanan, ibadah, akhlak, dan sosial menjadikan karakter siswa yang religius, kultural, dan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Tricahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:11
Last Modified: 13 Jun 2022 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18816

Actions (login required)

View Item View Item