Analisis Pembiayaan Murabahah Dalam Memperlancar Angsuran Pembayaran UMKM Di Bank BSI Kantor Cabang Pembantu Pare Kediri

Fahmi, Viki Lutfiana (2022) Analisis Pembiayaan Murabahah Dalam Memperlancar Angsuran Pembayaran UMKM Di Bank BSI Kantor Cabang Pembantu Pare Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Viki Lutfiana Fahmi_210816105.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fahmi, Viki Lutfiana. Efektivitas Analisis Pembiayaan Murabahah Dalam Memperlancar Angsuran Pembayaran UMKM Di Bank BSI Kantor Cabang Pembantu Pare Kediri. Skripsi. 2022. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Hj. Ely Masykuroh, S.E., M.S.I.
Kata Kunci: Pembiayaan, Efektivitas,
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan dalam pembiayaan. Ada beberapa bentuk pembiayaan di Bank BSI KCP Pare, salah satu produk yang sangat diminati oleh nasabah adalah pembiayaan murabahah. Ada beberapa nasabah dari pembiayaan murabahah yang mengalami kendala dalam membayar angsuran kepada bank. Ketidaklancaran pembiayaan angsuran yang dialami nasabah dimungkinkan kurang efektifnya analisis pembiayaan yang dilakukan bank.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang menyebabkan keterlambatan pembayaran angsuran UMKM pada pembiayaan murabahah di Bank BSI KCP Pare Kediri, bagaimana analisis pembiayaan murabahah pada UMKM yang dilakukan oleh Bank BSI KCP Pare dan bagaimana efektivitas pembiayaan murabahah dalam memperlancar pembayaran angsuran oleh UMKM di Bank BSI KCP Pare Kediri. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif. Penelitian dilakukan di Bank BSI KCP Pare Kediri dengan teknik pengumpulan data menggunakan kegiatan observasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan dalam pembayaran angsuran di Bank BSI KCP Pare Kediri: tidak meningkatnya pendapatan nasabah, nasabah yang belum bisa mengatur keuangannya dan nasabah yang tidak amanah dalam menggunakan modal usaha yang diberikan. 2. Analisa pembiayaan yang diajukan nasabah sebelum permohonan pembiayaan mengacu pada prinsip 5C, yaitu: Character, Capacity, Capital, Collateral dan Condition, dari 5C yang paling diutamakan dalam pemberian pembiayaan adalah Character dan Capital, kalau kedua prinsip itu baik maka prinsip lainnya mengikuti. 3. Pembiayaan murabahah secara umum sudah efektif dengan adanya peningkatan pendapatan dan adanya penambahan karyawan. Tetapi masih ada beberapa yang belum efektif dikarenakan usaha nasabah ada yang belum mengalami perkembangan dan ada nasabah yang telat dalam membayar angsuran ke bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:10
Last Modified: 13 Jun 2022 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18815

Actions (login required)

View Item View Item