Tinjauan Efektivitas Peran Kantor Urusan Agama Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo dalam Meminimalisir Praktik Pernikahan Dini

Ansori, Moh Ridwan (2022) Tinjauan Efektivitas Peran Kantor Urusan Agama Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo dalam Meminimalisir Praktik Pernikahan Dini. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
210117086_MOH RIDWAN ANSORI_HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peran Kantor Urusan Agama (KUA) selain menjalankan tugas pokok penghulu disisi lain juga melakukan perencanaan kegiatan kepenghuluan, pengawasan pencatatan dan pelaksanaan pelayanan nikah rujuk serta pembinaan keluarga sakinah sebagaimana yang secara lengkap tertera dalam PMA Nomor 34 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja KUA. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh KUA, khususnya KUA Kecamatan Siman adalah dalam hal pengawasan pencatatan dengan cara penyuluhan yang bertujuan untuk mengurangi kasus-kasus praktik pernikahan dini di KUA Kecamatan Siman. Maka bisa dikaji tentang efektivitas tugas KUA Kecamatan Siman terkait untuk mengurangi angka pernikahan dini.
Dari latar belakang diatas maka penulis tertarik mengambil rumusan masalah yakni: (1). Bagaimana tinjauan efektivitas terhadap upaya KUA Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo dalam meminimalisir praktik pernikahan dini? (2). Apa saja faktor pendorong dan penghambat upaya KUA Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo dalam meminimalisir praktek pernikahan dini?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis adalah metode deduktif yaitu mengemukakan ketentuan yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.
Dari penelitian ini memberikan hasil bahwa dalam meminimalisir praktik pernikahan dini KUA Kecamatan Siman memiliki upaya melalui perannya secara administrasi dan penyuluhan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa analisis efektivitas peran KUA Kecamatan Siman dalam meminimalisir pernikahan dini sudah tergolong baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya penurunan angka pernikahan dini yang menurun hampir 50% dari tahun 2020 sampai tahun 2021. Meskipun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala yang menghambat efektifitas upaya KUA Siman dalam meminimalisir pernikahan dini namun upaya tersebut tetap berjalan dengan baik karena adanya faktor-faktor pendukung yang lebih banyak daripada faktor penghambatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AHMAD SYAKIRIN
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:10
Last Modified: 13 Jun 2022 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18808

Actions (login required)

View Item View Item