Analisis Program Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Dana zakat Produktif Pada LAZ Nurul Hayat Madiun

Ummah, Novita Hanivatul (2022) Analisis Program Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Dana zakat Produktif Pada LAZ Nurul Hayat Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
403180016_Novita Hanivatul Ummah_Manajemen Zakat dan Wakaf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ummah,Novita Hanivatul Zakat produktif adalah pemberian zakat yang dapat membuat para penerimanya menghasilkan sesuatu secara terus menerus. Pengembangan zakat produktif dengan cara dijadikannya dana zakat sebagai modal usaha, dan untuk pemberdayaan ekonomi penerimanya.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis program pemberdayaan ekonomi umat melalui dana zakat produktif pada LAZ Nurul Hayat Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Program pemberdayaan ekonomi umat melalui dana zakat produktif pada LAZ Nurul Hayat Madiun ada dua yaitu program Ternak Desa Sejahtera (TDS) dan Koperasi Berani Jujur (KBJ), memiliki strategi adanya local hero dan menerapkan monev (monitoring dan evaluasi). Masing-masing memiliki faktor-faktor pendukung dan penghambat. dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi muzakki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:08
Last Modified: 13 Jun 2022 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18807

Actions (login required)

View Item View Item