ANALISIS PRAKTIK HUTANG PIUTANG ONLINE PADA APLIKASI “PINJAMAN NOW” (TINJAUAN FATWA DSN MUI NOMOR 117/DSN-MUI/IX/2018 DAN KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH (KHES))

Nuzula, Annisa Firdausi (2022) ANALISIS PRAKTIK HUTANG PIUTANG ONLINE PADA APLIKASI “PINJAMAN NOW” (TINJAUAN FATWA DSN MUI NOMOR 117/DSN-MUI/IX/2018 DAN KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH (KHES)). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Annisa Firdausi Nuzula-Naskah Theses .pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nuzula,Annisa Firdausi. Qardh adalah harta yang dipinjamkan atau diberikan oleh (kreditur) kepada seseorang yang membutuhkan (debitur) yang dimaksudkan untuk membantu pihak debitur dan dia harus mengembalikan dengan nilai yang sama dan waktu yang sudah ditentukan kedua belah pihak. Ada beberapa cara untuk melakukan hutang piutang, salah satunya dengan menggunakan media online atau aplikasi online. Legalitas suatu pinjaman online juga diperlukan agar pinjaman online tersebut dapat mempunyai izin dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aplikasi online “Pinjaman Now” merupakan platform aplikasi online yang banyak diminati oleh masyarakat. Namun saat ini keberadaanya masih diragukan. Terlebih dalam praktiknya sangat terbalik dengan aturan yang ada di dalam Fatwa DSN MUI Nomor 117/DSN-MUI/IX/2018 dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana analisis terhadap legalitas aplikasi pada praktik hutang piutang online aplikasi “Pinjaman Now” perspektif Fatwa DSN MUI 117/DSN-MUI/IX/2018 dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES). 2) Bagaimana analisis Fatwa DSN MUI 117/DSN-MUI/IX/2018 dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES) terhadap margin keuntungan dalam Praktik Hutang Piutang di Aplikasi “Pinjaman Now”.
Dalam penelitian ini penulis mengadakan penelitian library research. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitiannya. Penelitian ini memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Legalitas aplikasi online “Pinjaman Now” tidak memenuhi syarat sebagai pinjaman online yang legal seperti yang tertuang dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 117/DSN-MUI/IX/2018 dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES). 2) Penetapan margin pada aplikasi “Pinjaman Now” tidak sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 117/DSN-MUI/IX/2018 dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah karena pertama adanya penambahan pada dana pokok yang sangat besar dan kedua adanya denda jika terlambat dalam pelunasan atau melewati jatuh tempo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AHMAD JUNAIDI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:09
Last Modified: 13 Jun 2022 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18806

Actions (login required)

View Item View Item