TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NO 11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA TERHADAP SISTEM KONTRAK OUTSOURCING DI PT. MITRA TATA KERJA PONOROGO

Amiruddin, Muhammad Mukhlis (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NO 11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA TERHADAP SISTEM KONTRAK OUTSOURCING DI PT. MITRA TATA KERJA PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
M. MUKHLIS AMIRUDDIN 210215075 HES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Amiruddin, Muhammad Mukhlis. 2022. Tinjauaan Huku Islam dan undang-undang no 11 tahun 2020 tentang cipta kerja terhadap sistem kontrak outsourcing di PT. Mitra tata kerja ponorogo. Sikripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Ponorogo. Pembimbing: Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata Kunci: Upah, Ijarah, Kesejahteraan, outsourcing
Penelitian ini dilakukan di PT. Mitra Tata Kerja Ponorogo yang dilatarbelakangi oleh adanya sistem upah yang tidak sesuai dalam pengupahannya di bawah upah minimum yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Selain pengupahan, Praktik kesejahteraan dalam hal ini pekerja, baik pekerja tetap maupun pekerja kontrak berhak mendapatkan jaminan baik dari pemerintah maupun jaminan dari perusahaan. Tetapi pada kenyataannya jaminan kesejahteraan ataupun jaminan sosial bagi para pekerja masih menjadi mimpi bagi sebagian orang. Dalam hal ini adalah karyawan cleaning service dan security di PT. Mitra Tata Kerja Ponorogo yang di distribusi di berbagai tempat. pemberi pekerja yang belum sepenuhnya upah maupun kesejahteraan terpenuhi.
Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang: 1) bagaimana analisis hukum Islam dan Undang-Undang No 11 tahun 2020 tentang sistem upah di PT Mitra Tata Kerja Ponorogo? 2) Bagaimana analisis Hukum Islam dan Undang-Undang No 11 tahun 2020 tentang penerapan kesejahteraan bagi pekerja di PT Mitra Tata Kerja ponorogo?
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis penelitian kualitatif. Artinya, penelitian yang datanya diambil dan dikumpulkan dari lapangan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi atau melakukan pengamatan langsung terhadap penerapan outsourcing PT. Mitra Tata Kerja, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Normatif-Yuridis, yaitu mengacu pada norma hukum Islam dan Hukum positif di Indonesia.
Adapun Setelah dilakukan penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa: 1). Upah pekerja outsourcing PT. Mitra Tata Kerja belum semua sesuai dengan hukum Islam karena belum memenuhi rukun dan syarat sah seprti Akad Sigat akad terutama dalam perjanjian dan belum sesuai dengan pasal 88 Undang-Undang No. 11 Tahun 2020. 2). Pemenuhan hak pekerja terkait, penerapan Kesejahteraan di PT. Mitra Tata Kerja Ponorogo ditinjau dari Hukum Islam dan ditinjau dari pasal 88 Undang-Undang No. 11 Tahun 2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. MOH. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:05
Last Modified: 13 Jun 2022 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18801

Actions (login required)

View Item View Item